Tiga Desa Terendam Banjir di Bombana – Hacked by TryDee
News

Tiga Desa Terendam Banjir di Bombana

Bencana banjir yang terjadi pada salah satu desa di kecamatan Rarowatu Utara di Bombana. Foto : Nuryadi/Kendari Pos.

KENDARIPOS.CO.ID — Hujan dengan intensitas tinggi masih terus melanda Kabupaten Bombana. Dampaknya, tak hanya menyebabkan sejumlah ruas jalan di daerah itu longsor dan nyaris putus. Hujan juga mengakibatkan banjir di Desa Lantowua, Hukaea dan Watumentade, Kecamatan Rarowatu Utara.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bombana, Ridwan mengatakan, banjir pada tiga Desa itu terjadi sejak Sabtu (3/6) lalu sekitar pukul 17.00 wita. Akibat banjir, sebanyak 15 rumah warga tergenang air dengan ketinggian antara 30 sampai 60 sentimeter. Menurut Ridwan, banjir di tiga desa tersebut disebabkan curah hujan yang tinggi.

Selain itu, genangan air pada belasan rumah penduduk juga dipicu oleh sirkulasi air yang tidak baik. “Saluran air yang ada di tiga desa itu tidak mampu menampung volume air hujan. Drainasenya kecil, sehingga air meluap dan menggenangi rumah-rumah warga sekitar,” katanya, Minggu (4/6). Sementara itu Kapolsek Lantari Jaya, Ipda Suis Mail menambahkan, banjir pada tiga desa di wilayah hukumnya itu tidak menyebabkan satupun korban jiwa. Namun begitu, genangan air ini cukup mengkhawatirkan pemilik rumah karena terjadi kurang lebih tiga jam. “Banjir baru surut sekitar pukul 19.00 Wita,” ungkap Kapolsek usai memantau dan membantu mengevakuasi barang-barang milik warga yang tergenang air. (b/nur)

Kendari Pos

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top