Balai TN Wakatobi Tanam 5.000 Bakau di Pulau Kapota – FAJAR Sultra
News

Balai TN Wakatobi Tanam 5.000 Bakau di Pulau Kapota

ISWANDI/BERITA KOTA KENDARI
KEPALA Balai TN Wakatobi Dr Heri Santoso S Pi M Si saat menanam bibit bakau di di Desa Kapota Utara, Pulau Kapota, Wakatobi, Senin (5/6). Penanaman ini merupakan rangkaian dari peringatan Hari Lingkungan Hidup.

WANGIWANGI, BKK- Balai Taman Nasional Wakatobi menggagas kegiatan penanaman bibit mangrove yang kemudian disambut oleh sejumlah instansi. Kegiatan dalam rangka menyambut Hari Lingkungan Hidup ini digelar di Desa Kapota Utara, Pulau Kapota, Minggu (5/6).

Balai TN Wakatobi pun menyiapkan sekitar 5.000 bibit mangrobe untuk ditanam bersama-sama. Instansi yang ikut meramaikan kegiatan penghijauan ini antara lain Pemkab Wakatobi, TNI AD, TNI AL, WWF SESS, siswa dan pramuka. Tak ketinggalan pula aktivis penggiat alam bebas seperti Kamelia (Komunitas Melihat Alam), Kelompok Pencinta Alam Isakapala, serta masyarakat setempat.

Para peserta tampak antusias saat mulai menanam bibit mangrove yang telah dibagi-bagikan per instansi. Mereka kemudian menandai kelompok tanaman sesuai dengan nama instansinya, dengan harapan bibit itu kelak akan tumbuh subur menjadi pohon bakau yang kuat.

Kepala Balai TN Wakatobi, Heri Santoso menjelaskan, saat ini hutan mangrove di wilayah TN Wakatobi tercatat seluas 1300 Ha, dengan fokus wilayah di Kaledupa dengan luas 800 Ha. Hutan Mangrove telah menyumbangkan air tawar berkualitas baik di Kaledupa sehingga pelestarian Mangrove menjadi sangat penting bagi wilayah pesisir.

Dia melanjutkan, penanaman mangrove di Pulau Kapota diputuskan setelah pihaknya berdiskusi dengan tokoh masyarakat setempat. Pasalnya, memang telah terjadi abrasi pantai yang sangat mengancam keberlangsungan hidup ekosistem di pulau ini.

“Kami pikir sangat tepat untuk segera menanam mangrove di pulau ini. Apalagi kegiatan ini tidak mengeluarkan coast yang besar tetapi manfaatnya begitu penting. Mangrove kan tumbuh secara alami,” katanya.

Selain penanaman bibit mangrove, Balai TN Wakatobi juga akan melakukan konservasi terumbu karang. Pihaknya masih mengidentifikasi lokasi yang kawasan terumbu karangnya mengalami kerusakan sedang. (k2/aha)

Berita Kota Kendari

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top