Belum Ada Laporan Banjir di Kolut – Fajar Sultra
News

Belum Ada Laporan Banjir di Kolut

LASUSUA, BKK– Sejauh ini, Konawe Utara masih aman dari bencana banjir. Padahal Kolut masuk dalam zona merah atau daerah yang rawan bencana alam di musim penghujan.

Plt Kepala BPBD Kolut, Hardi mengungkapkan memasuki pertengahan musim penghujan saat, ini belum ada laporan masyarakat tentang adanya bencana banjir maupun tanah longsor. “Alhamdulillah, hasil pantauan kami di lapangan, belum ada bencana banjir dan tanah longsor. Walaupun intesitas hujan cukup tinggi. Mudah-mudahan tidak ada,” Kata, Hardi.

Meski kondisi masih aman, BPBD tetap rutin sosialisasi kepada masyarakat, agar tetap meningkatkan kewaspadaannya selama musim hujan ini. Terutama yang menghuni dekat aliran sungai maupun pebukitan.

“Yang sangat kami himbau yakni warga yang tinggal di daerah aliran sungai (DAS) dan warga yang berada di kaki bukit yang kemungkinan rawan longsor untuk tetap siaga satu. Setiap Safari Ramadhan, kami sempatkan untuk mengingatkan kembali warga,” ujar Hardi.

Sesuai himbauan dari BMKG, tambahnya, dalam rentang waktu 31 Mei hingga Juni, seluruh wilayah Indonesia termasuk Sultra diperkirakan akan terkena dampak hujan lebat disertai angin kencang. Masyarakat tentu harus dalam kondisi siap mengingat bencana tidak bisa diprediksi.

Pemkab Kolut sendiri terus membangun infrastruktur pengendali banjir. Salah satunya adalah dengan melakukan normalisasi sungai sesuai dengan kemampuan daerah. Apalagi, 15 kecamatan semuanya punya sungai. (cr11/aha)

Berita Kota Kendari

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top