Bongkar Dugaan Penyimpangan Dana BOS, Guru di Baubau di Mutasi – FAJAR Sultra
News

Bongkar Dugaan Penyimpangan Dana BOS, Guru di Baubau di Mutasi

Ilustrasi guru mengajar

KENDARIPOS.CO.ID — Niatan Sri Fatmawati dan Abdul Kadir memperjuangkan kebenaran justru berbuah pahit. Guru yang bertugas di SMAN 1 Pasar Wajo itu di mutasi lantaran mencoba mengungkap dugaan penyimpangan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Tak terima dimutasi, keduanya mengadu ke DPRD Sultra.

Aduan mereka disampaikan secara tertulis ke Komisi IV DPRD Sultra. Salah satu diktum dalam surat aduannya menyebutkan bahwa mutasi yang dilakukan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra dianggap sepihak dan cenderung subyektif.

Ketua Komisi IV DPRD Sultra, Yaudu Salam Ajo mengatakan akan memanggil pihak terkait khususnya Dikbud Sultra. Namun dia berharap alasan pemerataan guru jangan dijadikan alasan pembenar untuk melakukan mutasi guru. “Hal-hal seperti ini yang kami tidak inginkan. Kami harap ini tidak benar, jangan kebohongan dijadikan alasan pembenaran untuk melakukan mutasi,” ujar Yaudu Salam Ajo di ruang kerjanya, Senin (5/6) kemarin.

Yaudu Salam Ajo lalu mengutip isi surat aduan dua oknum guru tersebut, yakni mutasi berawal dari problem internal guru bersama kepala sekolah. Dimana kedua oknum guru tersebut mempersoalkan dugaan penyimpangan dana BOS yang mengakibatkan banyak siswa terbebani dengan fotocopy buku pelajaran. Dalam surat tersebut juga memprotes terkait dengan adanya dugaan pungli terhadap guru pertiga bulan sebanyak Rp 50 ribu dan pemotongan gaji Rp 10 ribu selama tiga tahun.

Kendari Pos

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top