Gubernur Minta Pemkab Wakatobi Matangkan Persiapan Sambut Presiden – Hacked by TryDee
News

Gubernur Minta Pemkab Wakatobi Matangkan Persiapan Sambut Presiden

Nur Alam

KENDARIPOS.CO.ID — Gubernur Sultra, Nur Alam menilai Wakatobi sebagai berkah untuk Indonesia, khususnya masyarakat Sultra. Sebab, potensi pariwisata otorita Arhawi ini sangat luar biasa. Fakta bahwa daerah yang dikenal dengan “surga bawah lautnya” ini ditetapkan sebagai satu dari 10 top destinasi pariwisata nasional menjadi garansinya.

Gubernur Sultra dua periode itu mengatakan, Wakatobi pantas disebut berkah bagi negara dan daerah ini, karena keindahan pariwisatanya menjadi daya tarik bagi wisatawan mancanegara. Sehingga, secara langsung maupun tidak langsung memberi dampak ekonomi bagi masyarakat.

“Makanya, saya minta Pemkab Wakatobi dan masyarakat menyiapkan diri sebaik mungkin supaya pengelolaan pariwisata ini bisa maksimal,” ungkap Nur Alam saat memimpin rapat yang membahas tentang Kawasan Strategis Pariwisata di Wakatobi, kemarin (6/6). Hadir dalam pertemuan itu, Bupati Wakatobi, Arhawi bersama kepala SKPD dan pimpinan SKPD Pemprov Sultra.

Mantan Ketua DPW PAN Sultra dua periode berharap, saat kunjungan Presiden Joko Widodo September mendatang, semua infrastruktur penunjang pariwisata bisa dimaksimalkan. Ini penting untuk meyakinkan Jokowi bahwa Wakatobi sudah siap dan layak menjadi salah satu Top Destinasi Pariwisata Nasional yang diharapkan bisa menjadi magnet bagi wisatawan.

Bukan hanya itu, Nur Alam juga mendapat laporan terkait rencana pembangunan Badan Otorita Pariwisata (BOP) dari Pemkab Bombana. Salah satunya terkait permintaan pemerintah pusat untuk kesiapan lahan sebanyak 300 hektar. Ternyata itu sudah dipenuhi Pemkab Bombana. “BOP ini nantinya bisa mendukung pengembangan pariwisata Wakatobi. Alhamdulillah, kalau lahannya sudah disiapkan,” kata peraih Penghargaan Bintang Maha Putra Utama ini.

Kendati begitu, Nur Alam sarankan BOP dipusatkan di Pulau Hoga saja. Sebab, posisinya sangat strategis karena berada di tengah Kabupaten Wakatobi. Lagi pula, kalau ditempatkan di Wangi-wangi sudah tidak representatif karena sudah padat. “Kalau sentrumnya tepat, maka daerah lain disekitarnya akan cepat maju,” ujarnya.

Membahas pariwisata hanya salah satu tujuan pasangan Salah Lasata di Wakatobi. Hal lain, ini juga dalam rangka Safari Ramadan yang memang sudah menjadi agenda Pemprov Sultra tiap tahun. Banyak pesan yang dia sampaikan kepada masyarakat Wakatobi. Salah satunya untuk bersatu dan saling tolong menolong membangun daerah.

Setelah dari Wakatobi, rencananya safari Ramadan dilanjutkan di Buton Utara. Namun karena cuaca kurang mendukung sehingga diundur waktunya. “Nanti dijadwalkan ulang Safari Ramadan ke Butur,” kata Kusnadi, Kadis Infokom Sultra yang mendampingi gubernur dalam kunjungannya ke Wakatobi, kemarin. Menurut Kusnadi, kehadiran gubernur di Wakatobi mendapat sambutan hangat dari masyarakat, tokoh adat dan Pemkab. (b/thy)

Kendari Pos

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top