Pak Polisi, Di Butur Ribuan Kubik Kayu Ilegal Diperjualbelikan – Hacked by TryDee
News

Pak Polisi, Di Butur Ribuan Kubik Kayu Ilegal Diperjualbelikan

Tempat penampungan hasil pembalakan liar di Kabupaten Buton Utara dan aktivitas proses pengangkutan kayu di dalam kapal untuk dikirim diberbagai daerah.

KENDARIPOS.CO.ID — Praktik pembalakan liar di Kabupaten Buton Utara (Butur) kian marak terjadi. Pemerintah setempat dan aparat kepolisian belum mampu menangani aksi perusakan hutan tersebut. Badan Lingkungan Hidup Butur mencatat, ribuan kayu tanpa dokumen sah terus diperjualbelikan dengan terang-terangan. Kendati banyak penegak hukum yang melakukan pemantauan, pembalak liar semakin leluasa merambah hutan.

Informasi yang diperoleh, kayu asal Butur tersebut didistribusikan ke Nusa Tenggara Barat dan Jawa Timur. Maraknya pembalakan liar sudah memerlihatkan dampaknya saat musim hujan ini. Sejumlah wilayah dilanda banjir. Pelaksana Tugas Kepala Badan Lingkungan Hidup Butur, Tayeb mengakui, ribuan kubik kayu berhasil diolah dan diperjualbelikan untuk dipasok ke daerah lain secara illegal.

Tayeb mengaku, pemberatasan pembalakan liar kian parah dan tak mudah untuk diberantas. “Upaya pemberantasan telah dilakukan. Hanya saja belum maksimal. Tentunya, masalah illegal logging harus melibatkan seluruh pihak,” ujar Tayeb saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (6/6).
Mantan Sekretaris Dinas Kebersihan Butur ini enggan membeberkan siapa oknum pembalakan liar yang kerab menjalankan aksinya di Butur. Tayeb berdalih, itu menjadi urusan penegak hukum. “Luasnya kawasan hutan lindung yang harus dijaga membuat kami cukup kewalahan. Apalagi Dinas Kehutan kini hanya ada di provinsi, sehingga tanggung jawab semakin berat,” akunya.

Kendari Pos

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top