Plt Sekda Busel: Yang Atur Kerja Samanya Itu Mantan Bupati – FAJAR Sultra
News

Plt Sekda Busel: Yang Atur Kerja Samanya Itu Mantan Bupati

BATAUGA, BKK– Minimnya pemasukan dari pengelolaan kapal penumpang dan barang milik Pemkab Buton Selatan, KM Abdi Praja hingga isu penjualannya terus bergulir. Diduga kuat, masalah ini bermula dari kontrak kerja sama antara Pemkab Busel serta pihak ketiga, Koperasi Usaha Bersama Mentari.

Pelaksana Tugas Sekretaris Buton Selatan, Konstantinus Bukide menjelaskan kontrak kerja sama diatur langsung oleh Pj Bupati Muhamad Faisal dengan KUB Mentari. Asisten I Sekretariat Buton Selatan ini mengakui tak ada pembentukan Tim Koordinasi Kerja Sama Daerah (TKKSD) yang diamanahkan dalam pasal (6) Peraturan Mendagri (Permandagri) No.22 tahun 2009 tentang Petunjuk Teknis Tata Cara Kerjasama Daerah.

“Untuk pembuatan tim itu, saya pikir tidak ada. Dalam kontrak kerja sama bersama pihak ketiga saat itu saya asisten bidang pemerintahan, sama sekali tidak dilibatkan. Tetapi saya tahu ada perjanjian kerja sama itu. Sepengetahuanku, semua mekanismenya langsung diatur oleh Bupati Faisal dan pihak ketiga,” ujarnya.

Dia mengakui, penentuan pengelola kapal kala itu menjadi kebijakan Pj Bupati Muhamad Faisal. Artinya KUB Mentari waktu itu ditunjuk langsung sehingga tidak ada proses lelang ataupun proses-proses lain dalam melakukan kerja sama tersebut.

“Dan itu menurut saya sah-sah saja,” tambah Konstantinus.

Sekedar diketahui tata cara pelaksanaan kerjasama daerah diatur dalam PP No. 50 tahun 2007 tentang tata cara pelaksanaan kerjasama daerah. Petunjuk teknis pelaksanaan kerjasama daerah juga diatur dalam Permendagri No.22 tahun 2009.

Peraturan tersebut mengatur kerjasama antar daerah, kerjasama daerah dengan departemen dan kerjasama daerah dengan badan hukum (yayasan atau koperasi). Untuk kerjasama dengan badan hukum dimulai dengan tahap persiapan yang meliputi pembentuk tim kordinasi kerjasama daerah (TKKSD) yang diketuai Sekda, Asisten Bidang Pemerintahan (wakil ketua I), Kepala Bappeda (wakil ketua II) dan kepala bagian yang membidangi kerja sama (sekretaris). (k1/aha)

Berita Kota Kendari

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top