Pemkab Busel Bakal Tempuh Jalur Hukum – Hacked by TryDee
News

Pemkab Busel Bakal Tempuh Jalur Hukum

BATAUGA, BKK- Pemkab Buton Selatan kini melakukan pengumpulan data terkait aset kapal 20 GT milik daerah yang sempat leyap selama satu tahun. Kapal yang belakangan ditemukan berlabuh di Pelabuhan Ferry Batulo itu, memang memunculkan banyak sentimen negatif.

Isu yang paling getir, kapal tersebut sudah dijual kepada pihak lain. Menanggapi hal ini, Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Busel, Konstantinus Bukide mengatakan Pemkab akan mencari kebenarannya.

“Apabila itu memang benar, kami akan mengambil langkah hukum, karena kapal itu adalayh aset daerah,” jelas Konstantunus.

Mantan Kabag Hukum Pemkot Baubau ini memastikan, jika ada indikasi kapal telah diperjualbelikan maka hal tersebut masuk katagori penggelapan aset milik daerah.

Dia membenarkan bahwa kapal tersebut merupakan bantuan dari Kementerian Daerah Tertinggal dan Desa melalui Dinas Perhubungan Kabupaten Busel. Pada tahun 2016, Pemkab Busel melakukan kontrak kerja sama dengan KUB Mentari untuk pengelolaan kapal penumpang itu.

Ironisnya, kerja sama itu tidak berakhir manis. Sampai saat ini, belum ada pendapatan yang masuk dalam kas daerah dari keuntungan bagi hasil pengelolaan kapal tersebut. Malah, kapal itu dilaporkan hilang sebelum akhirnya ditemukan di Pelabuhan Ferry Kota Baubau dengan kondisi terparkir tak bertuan. (k1/aha)

Berita Kota Kendari

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top