Pelayanan Lumpuh, Sudah Enam Bulan Server Disdukcapil Konut Offline – Hacked by TryDee
News

Pelayanan Lumpuh, Sudah Enam Bulan Server Disdukcapil Konut Offline

KENDARIPOS.CO.ID — Sejak Januari 2017 hingga kini, pelayanan perekaman e-KTP dan pengurusan administrasi lainnya di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Konawe Utara (Konut) dihentikan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Server dari pemerintah kabupaten yang terkoneksi ke pusat diputuskan setelah ada pengalihan pimpinan Disdukcapil dari Arif Yadi ke La Ondjo.

Akibatnya, pelayanan pada masyarakat terhenti, mulai dari pembuatan kartu keluarga, akta kelahiran dan perekaman atau perpanjangan maupun percetakan e-KTP. “Servernya masih belum diaktifkan. Makanya untuk proses perekaman belum bisa dilakukan. Server masih offline,” jelas Kadisdukcapil Konut, La Ondjo, kemarin.

Ia mengakui, alasan penonaktifan server Disdukcapil oleh Kemendagri karena adanya rotasi pucuk pimpinan Disdukcapil pada Januari lalu oleh Pemkab Konut. Proses pergantian kepemimpinan Disdukcapil Konut dianggap tidak sesuai peraturan menteri nomor 76 tahun 2015 tentang pengangkatan dan pemberhentian pejabat pada unit kerja yang menangani administrasi kependudukan di provinsi dan kabupaten/kota.

“Sejak pergantian itu diputus. Tapi insyaallah minggu depan sudah bisa diaktifkan servernya,” klaim La Ondjo. Untuk mengantisipasi pemutusan koneksivitas jaringan data, Disdukcapil hanya memberikan pelayanan pada masyarakat yang bersifat surat keterangan pengganti KTP. (b/min)

Kendari Pos

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top