64 Kades di Kolut Disumpah di Masjid, Bupati Pesan Ini – Hacked by TryDee
News

64 Kades di Kolut Disumpah di Masjid, Bupati Pesan Ini

Para Kades saat diambil sumpah. Foto : Muh Rusli/Kendari Pos.

KENDARIPOS. CO. ID — Sebanyak 64 Kepala Desa (Kades) terpilih hasil Pilkades di Kolaka Utara, resmi dikukuhkan. Seremoni pelantikan dan pengambilan sumpah dilakukan langsung Bupati Kolut, Rusda Mahmud, di Aula Masjid Agung Bahru Rasyad Wal Ittihad, Jumat (9/6/2017) sore.

Dalam acara itu, Bupati juga sekaligus resmi memberhentikan semua Kades lama termasuk yang bertugas sebagai Plt.

Bupati Kolut, Rusda Mahmud mengucapkan selamat kepada seluruh Kades yang baru dilantik. Ia mengaku ini merupakan sejarah baru selama memimpin Bumi Patampanua karena mengukuhkan kades dalam jumlah terbanyak jika dibandingkan pelantikan sebelumnya.

“Saya yakin para kades kita saat ini akan lain dari yang lain. Apalagi dilantik dan bersumpah di masjid, jadi hati-hati. Ingat masjid ini rumah Allah SWT. Pesan saya semua kades harus bisa membawah perubahan dan kemajuan desa yang lebih baik dalam mengemban amanah kedepan,” tegasnya.

Ia tidak menampik mulai dari hasil pemilihan hingga jelang pelantikan masih ada riak demo. Namun, hal itu tidak akan menghalangi proses pelantikan yang sudah putuskan.

“Kalau harus dilantik maka harus dilantik. Jika ada yang bermasalah dengan hukum (kades) maka silahkan berurusan dengan aparat. DPMD harus melakukan pembenahan untuk pemilihan selanjutnya,” ujar Rusda.

Aparat berjaga di luar Masjid. Foto : Muh Rusli/Kendari Pos.

Sementara itu untuk mengamankan prosesi pelantikan dalam upaya mengantisipasi demo susulan, Kapolres Kolut, AKBP Juli Eko Prihartono SIK menerjunkan 160 personil dari semua polsek. Termasuk 30 Brigade Mobile (Brimob) Polda Sultra Kompi II Pelopor Totalang berlaras panjang serta dari satuan TNI.

Untuk diketahui, prosesi pelantikan juga dihadiri Kajari Lasusua, Andi Fahruddin, Sekda Kolut Drs. Iskandar Rahim, SKPD Kolut serta sanak keluarga kades terpilih yang memenuhi Aula masjid berdaya tampung 3000 orang tersebut. Pelantikan berjalan lancar dan langsung dilaksanakan buka puasa bersama. (rus)

Kendari Pos

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top