Festival Budaya Tua Buton Digagas Semarak, 10 Ribu Penari Kolosal Libatkan – FAJAR Sultra
News

Festival Budaya Tua Buton Digagas Semarak, 10 Ribu Penari Kolosal Libatkan

La Bakrie

KENDARIPOS.CO.ID — Event pariwisata nasional bertajuk Festival Budaya Tua Buton 2017 akan kembali digelar. Sesuai agenda Kementerian Pariwisata, kegiatan budaya itu dihelat pada medio Agustus mendatang. Saat ini Pemkab Buton mulai memersiapkan penyelenggaraannya. “Persiapan awal sudah mulai kita lakukan. Termasuk berkoordinasi dengan Kementerian Pariwisata selaku penyelenggara kegiatan nasional ini. Diagendakan, festival digelar pada tanggal 19 hingga 25 Agustus 2017,” kata Plt. Bupati Buton, La Bakry di ruang kerjanya, kemarin.

Selain itu, koordinasi tingkat pemerintahan kabupaten juga sudah dilakukan. Khususnya dengan instansi teknis. “Kami menginginkan penyelengaran Festival Budaya Tua Buton 2017 tetap semarak dan sukses seperti tahun sebelumnya. Makanya, persiapan harus kita lakukan dengan matang,” tekadnya.

Untuk item budaya Buton yang akan dipentaskan dalam event tersebut, kata dia, tida ada perubahan. Semua tetap sama dengan kegiatan sebelumnya. Mulai dari padole-dole (imunisasi secara tradisonal), tandaki (sunatan), posuo (pingitan) hingga pakakande-kandea (makan dengan menu tradisional. “Seluruh kegiatan budaya tersebut akan dilakukan secara massal. Termasuk 10 ribu penari kolosal kembali kita tampilkan,” terang La Bakry.

Ketua DPD Partai Amanat Nasional Buton itu menambahkan, ia belum dapat memastikan kehadiran wisatawan mancanegara dalam pagelaran budaya itu. Apalagi agenda pariwisata tersebut tidak bersamaan dengan libur nasional di negara lain. Dihubungi terpisah, Kepala Dinas Pariwisata Buton, La Ode Abdul Zainudin Napa mengatakan, saat ini pihaknya telah membentuk struktur kepanitiaan dan ditandatangani Plt. Bupati. “Untuk persiapan pementasan 10 ribu penari kolosal akan ditangani langsung Dinas Kebudayaan untuk melakukan latihan,” tambah Zainudin. (b/ahi)

Kendari Pos

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top