Sekda Sultra : PNS Dilarang Mudik Pakai Mobil Dinas ! – FAJAR Sultra
News

Sekda Sultra : PNS Dilarang Mudik Pakai Mobil Dinas !

KENDARIPOS.CO.ID — Sejak 2015 lalu, Komisi Pemberantasan Korupsi sudah mengingatkan setiap pimpinan daerah agar aparaturnya tidak mudik menggunakan mobil dinas. Hingga saat ini surat edaran itu belum dicabut. Olehnya itu, menghadapi libur idul fitri 1438 Hijriah ini, Sekretaris Daerah Pemprov Sultra, Lukman Abunawas kembali mengingatkan ASN lingkup Pemprov Sultra untuk tidak menggunakan mobil dinas saat mudik Hari Raya Idul Fitri nanti.

“Tidak boleh, itu sudah dilarang sejak 2 tahun lalu. Mendagri juga sudah mewanti-wanti agar jangan ziarah ke kampung pakai mobil dinas,” ujar Lukman Abunawas, Jumat (9/6). Bagi para pejabat Pemprov Sultra yang berasal dari daerah-daerah seperti Muna, Buton, Kolaka, Bombana dan lainnya harus menyiapkan kendaraan alternatif bila ingin mudik.

Menurut Lukman pertimbangan dikeluarkannya peraturan itu jelas sangat beralasan. Mobil dinas dibeli menggunakan uang rakyat yang dikumpulkan melalui pajak daerah. Kendaraan itu dihadirkan untuk menunjang pelayanan pemerintah kepada masyarakat. “Jelas peruntukannya untuk pelayanan publik bukan untuk urusan pribadi. Pulang kampung itu kan urusan keluarga yang tidak berhubungan dengan tugas-tugas kita sebagai PNS,” ungkap mantan Bupati Konawe itu.

Tanpa surat edaran dari Pemprov Sultra pun, kata Sekda, para pejabat dinas sudah memahami kebijakan ini. Namun bila dianggap perlu, Pemprov akan membuat surat pemberitahuan itu. Sayangnya, tak ada sanksi tegas yang dijelaskan oleh Lukman Abunawas bagi PNS yang menggunakan mobil dinas untuk mudik.

Ia hanya mengimbau kepada seluruh pejabat yang diamanahi memiliki mobil dinas agar memahami fungsi kendaraan yang ada ditangan mereka. “Kita imbau supaya memberikan contoh yang baik pada masyarakat. Jangan menggunakan aset negara untuk urusan pribadi,” pungkasnya. (ely/b)

Kendari Pos

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top