7.358 Kepala Keluarga di Konsel Kategori Miskin – FAJAR Sultra
News

7.358 Kepala Keluarga di Konsel Kategori Miskin

KENDARIPOS.CO.ID — Upaya pemerintah mengentaskan kemiskinan di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) terus dimaksimalkan. Penyaluran sejumlah bantuan sosial baik melalui APBN maupun dana APBD kabupaten setempat menjadi salah satu langkah yang dilakukan. Dari data Kementerian Sosial (Kemensos) tahun 2016, jumlah warga miskin di Konsel sekitar 16.028 kepala keluarga. Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Sosial Pemda Konsel, Burahim saat ditemui, Selasa (13/6).

Dari jumlah tersebut, Pemkab melalui kerja sama dengan Kemensos sudah berusaha meminimalisir melalui Program Keluarga Harapan (PKH). “Dari jumlah ini, yang sudah mendapat program PKH sekitar 8670 KK. Jadi masih sekitar 7358-an KK masuk kategori miskin,” rincinya. Selain melalui PKH, Pemkab Konsel berupaya menurunkan angka kemiskinan dengan mengajukan program penataan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Kemensos.

“Ini sinkron dengan APBD dan APBN. Kita berusaha mengurangi itu. Selain itu kita berikan KIS dan PKH secara terpadu. Ini bukan hanya tugas Dinsos saja, tapi semua dinas terkait,” jelasnya. Sementara di tahun ini, Pemkab Konsel mendapat kuota 30 kelompok usaha bersama (Kube) dengan nominal anggaran Rp 600 juta dari Kemensos. Pihaknya berharap agar angka kemiskinan di Konsel terus berkurang untuk mendukung visi misi kabupaten dalam rangka mewujudkan Desa Maju Konsel Hebat.

“Kita harapkan minimal tiap tahun ada penurunan angka kemiskinan di Konsel. Tentu harus didukung dengan program dan dukungan dari berbagai pihak,” harapnya. (c/kam)

Kendari Pos

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top