Butur Kekurangan Guru – Hacked by TryDee
News

Butur Kekurangan Guru

BURANGA, BKK- Kecamatan Kambowa dan Bonegunu, Kabupaten Buton Utara (Butur) dikategorikan sebagai kecamatan yang mengalami kekurangan guru PNS. Agar proses belajar mengajar tetap berjalan dengan di dua kecamatan ini, Dinas Pendidikan Butur masih memanfaatkan tenaga guru honorer yang jumlahnya mencapai ratusan orang.

Kalau bicara soal kekurangan guru, sampai saat ini memang kita masih kurang untuk di Kecamatan Bonegunu dan Kambowa. Itu untuk mata pelajaran tertentu,” kata Kepala Dinas Pendidikan Butur, Agus Pria Budiana ditemui di ruang kerjanya, kemarin.

Menurut Agus, kekurangan guru ini merupakan imbas dari moratorium rekruitmen aparatur sipil negara. Karena itu, untuk menjawab persoalan ini, pendaftaran CPNS untuk guru harus kembali dibuka. Dan Butur harus mendapatkan jatah dari situ.

Jika tidak, itu berarti Pemkab harus terus merekrut tenaga honorer yang dibiayai oleh APBD Butur.

“Setiap tahun memang ada tenaga pendidik yang pensiun. Tapi dengan diberlakukannya moratorium, kekurangan tenaga pendidik akan terus terjadi. Sehingga untuk mengisi kekurangan, mau tak mau tenaga honorer harus diberdayakan,” pungkasnya. (cr10/aha)

Agus Pria Budiana

Berita Kota Kendari

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top