THR PNS Cair Hari Ini, Gaji ke-13 untuk Pensiunan Minggu Depan – FAJAR Sultra
News

THR PNS Cair Hari Ini, Gaji ke-13 untuk Pensiunan Minggu Depan

KENDARIPOS.CO.ID KENDARI- Para Pegawai Negeri Sipil (PNS) baik TNI Polri, pejabat negara dan pensiunan kini bisa tersenyum bahagia. Mulai hari ini, Tunjangan Hari Raya (THR) atau yang populer dikalangan PNS dengan sebutan gaji 14 sudah bisa dicairkan. Peraturan Pemerintah (PP) sebagai dasar penerbitan petunjuk teknis oleh Kementerian Keuangan sudah ditandatangani Presiden RI, Joko Widodo.

Kepastian itu disampaikan Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sultra, Ririn Kadariyah. Kata dia, presiden sudah menandatangani empat peraturan pemerintah yakni PP Nomor 23 hingga Nomor 26 Tahun 2017. “Bukan gaji 14 namanya tetapi Tunjangan Hari Raya, pensiunan juga dapat namanya pensiun ke-13, itu bisa dicairkan di PT. Taspen atau Asabri, kalau dia TNI, sementara PNS itu di KPPN setempat,” ujar Ririn Kadariyah, Rabu (14/6) kemarin.

Peraturan pemerintah itu lanjut dia telah diikuti oleh petunjuk teknis pelaksanaan pemberian THR itu. Dalam juknis tersebut disampaikan jika pencairan gaji 14 wajib dilakukan Juni ini. Sementara gaji 13 dicarikan Juli nanti. “THR lebih dulu yakni sebesar gaji pokok yang diterima bulan Juni. Sebelum lebaran sudah harus dicairkan,” ungkapnya.

Untuk mekanisme pencairan, Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sultra sudah mengkonfirmasi kesiapan KPPN dan PT Taspen dimasing-masing wilayah.

“Saya sudah telpon kepala Taspen, katanya mereka siap. Tanggal 19 Juni sudah bisa cair untuk pensiun ke-13, sementara THR bisa dimulai hari ini,” kata Ririn.

Olehnya itu ia mengimbau kepada masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan instansi vertikal untuk segera mengerahkan Surat Perintah Membayar (SPM) kepada KPPN setempat. “Usahakan tidak ada kesalahan supaya tidak ditolak,” tukasnya.

Sebab kecepatan dan kelancaran pembayaran gaji 13 dan THR itu sangat tergantung dengan kecepatan dan ketepatan SKPD dan instansi vertikal dalam pengajuan dokumen permintaan pembayaran kepada KPPN itu. “Sesuai SOP jika dokumen permintaan pembayaran lengkap dan kondisi normal maka SP2D (Surat Perintah Pencairan Dana) gaji 13 dan THR bisa selesai dalam satu jam,” paparnya.

Lebih lanjut Ririn mengingatkan agar permintaan pembayaran gaji 13 pegawai diharapkan dapat diajukan di awal bulan Juli. Agar dapat langsung dibayarkan sehingga segera bermanfaat bagi biaya pendidikan anak sekolah. “Kami menghimbau juga agar Pemda provinsi kabupaten dan kota supaya menyelaraskan waktu pembayaran gaji 13 dan THR sesuai dengan juknis Kemenkeu itu,” pungkasnya. (ely/b)

Kendari Pos

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top