Bina Marga Sultra Siapkan Posko Siaga di Jalur Mudik – Fajar Sultra
News

Bina Marga Sultra Siapkan Posko Siaga di Jalur Mudik

Rundubeli Hasan

KENDARIPOS.CO.ID — Curah hujan beberapa bulan terakhir memcicu banjir dan membuat sejumlah infrastruktur jalan rusak. Pemerintah berupaya membenahi sebelum musim mudik lebar tiba. Untuk memastikan arus mudik dan arus balik tetap lancar, Dinas SDA dan Bina Marga Provinsi Sultra juga akan turut bersiaga di beberapa titik.

Kepala Dinas SDA dan Bina Marga Sultra, Rundubeli Hasan mengatakan jika sejumlah titik masih dikategorikan rawan rusak meski sudah dilakukan perbaikan. “Beberapa ruas jalan rusak parah karena hujan dan bencana. Walaupun kita sudah perbaiki dan berfungsi kembali, kalau cuacanya buruk maka pasti bisa rusak parah lagi dan sulit dilewati,” ujarnya saat ditemui dalam sebuah kegiatan, Kamis (15/6).

Olehnya itu, pihaknya akan menyiapkan posko mudik di jalur-jalur utama tersebut. “Jalur utama yang kita maksud itu seperti Lepolepo-Punggaluku di daerah Wolasi itu. Kemudian di Abuki Kabupaten Konawe, Wamengkoli dan ruas jalan Maligano-Ronta,” urainya.

Posko tersebut akan ditempatkan petugas lengkap dengan alat berat. Minimal dua alat berat untuk satu titik posko. Tujuannya, bila terjadi kerusakan bisa segera dilakukan perbaikan. “Kalau sudah berlubang kita timbun, ada longsor bisa langsung kita bersihkan, itu hanya jaga-jaga tapi kita berharap jangan ada kejadian alam yang menggangu mudik,” ungkap Rundubeli Hasan.

Untuk waktu pendirian posko siaga mudik itu dimulai 10 hari jelang lebaran dan 10 hari setelah lebaran. “Tapi kami hanya tangani yang jalan provinsi, kalau kabupaten kota yang tugasnya kabupaten kota juga,” tandasnya. (ely/c)

Kendari Pos

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top