MASALAH ASET DAERAH 1433 Randis, Hanya 476 yang Dilaporkan – Fajar Sultra
News

MASALAH ASET DAERAH 1433 Randis, Hanya 476 yang Dilaporkan

FITRI AZHARI/BERITA KOTA KENDARI
Kabid Aset BKAD Muna, Wa Ode Zarmin Hidayad SE MP

RAHA, BKK- Kesadaran Organisasi Perangkat Daerah di Muna untuk melaporkan data aset daerah kepada BPK Sultra amat sangat rendah. Untuk aset kendaraan dinas (Randis), data yang dimiliki Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Muna menyebutkan jumlahnya ada 1.433 unit. Tetapi yang baru dilaporkan kepada BPK Sultra baru 476 unit.

Padahal, Bupati Muna Rusman Emba sudah berkali-kali mengingatkan seluruh OPD agar aktif melaporkan penggunaan Randis, baik mobil, motor, alat-alat berat hingga kapal bermotor ke BPK RI Cabang Sultra untuk dicek fisiknya. Menurut Kepala Bidang Aset BKAD Muna, Wa Ode Zarmin Hidayad, rendahnya kesadaran para PNS tersebut akan membuat Pemkab Muna kesulitan dalam meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian seperti yang ditargetkan Bupati.

Kita sudah sampaikan baik lisan dan tulisan. Semua ini kita lakukan agar bisa mendapatkan WTP. Tapi yang cek di BPK masih sangat kecil. Jauh dari harapan,” kata mantan Kepala Kasda BKAD Muna ini.

Padahal, BPK RI Perwakilan Sultra sudah memperpanjang masa pelaporan aset. Namun sampai batas yang ditentukan, Senin (19/6) kemarin, data yang masuk dari seluruh OPD maupun kecamatan sangat nihil.

Meski demikian, dia berharap agar OPD tidak menjadikan selesainya perpanjangan waktu pengecekan aset ini menjadi alasan untuk mendiamkan aset daerah. Sebab pemerintah, kata dia, dipastikan akan terus melakukan pemulihan aset hingga benar-benar tuntas. (r1/aha)

Berita Kota Kendari

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top