Sultra Bersedekah Sukses, Duafa dan Fakir Miskin : Terima Kasih Pak Gubernur – FAJAR Sultra
News

Sultra Bersedekah Sukses, Duafa dan Fakir Miskin : Terima Kasih Pak Gubernur

Para penerima santunan di acara Sultra Bersedekah.

KENDARIPOS.CO.ID — Sejak pukul 07.00 Wita, Waode Musrifa sudah meninggalkan rumahnya di daerah Anduonohu menuju kawasan Masjid Al Alam, di Teluk Kendari. Di tangannya ada selembar kupon Sultra Bersedekah. Begitu tiba, penjual keliling ini sempat bingung untuk masuk karena akses jalan yang tak ramah. Tapi mobil Satpol PP sigap, mengantarnya masuk areal masjid.

Setelah mencairkan kuponnya, mata perempuan berusia 65 tahun ini terlihat berkaca-kaca. Di tangannya kini ada duit Rp 200 ribu, yang akan membantunya berlebaran. “Ya Allah, terima kasih Pak Gubernur. Beliau ternyata ingat kami yang orang kecil begini. Kami bersyukur gubenur mau bikin acara seperti ini. Kalau bisa sering-sering,” katanya, saat diajak ngobrol oleh Kendari Pos.

Ucapan terima kasih yang sama disampaikan ribuan duafa dan fakir miskin di Kota Kendari yang sejak pagi sudah memadati kawasan masjid Al Alam itu. Mereka bangga punya Nur Alam, gubernur yang meski sudah akan menyelesaikan tugasnya sebagai pemimpin, tapi tetap peduli dengan kaum marjinal. “Saya sudah lama di Kendari, baru kali ini dapat hadiah lebaran dari pemerintah berupa uang tunai. Terima kasih Pak Gubernur,” timpal seorang pria yang mengaku bernama Mardin, dari Kelurahan Watubangga.

Acara Sultra Bersedekah yang digagas Pemprov Sultra, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan Kendari Pos itu memang sukses besar. Kondisi jalan yang masih dalam tahap pengerjaan sama sekali tidak menyurutkan antusiasme dari duafa dan fakir miskin untuk hadir, melihat langsung kemegahan Al Alam sekaligus menerima santunan dari Pemprov.

Sejak pukul 07.00 Wita mereka sudah hadir, walau acara pembagian santunan tersebut dimulai pukul 08.00 Wita. Gubernur Sultra, Nur Alam tak bisa langsung menyerahkan santunan itu karena sedang ada acara penting. Proses pembagian pun dikoordinir langsung Baznas. “Kami siapkan Rp 1 Miliar untuk acara ini. Sumbernya dari pribadi para pejabat kita yang ingin berbagi di bulan Ramadan ini,” kata Ketua Baznas Sultra H Hasby Saing, di mesjid Al Alam, kemarin (21/6).

Sebelum acara pembagian zakat itu dilakukan, Hasby menyampaikan permohonan maaf Gubernur yang tidak sempat hadir langsung. “Beliau sedang ada acara bersama saudara-saudara kita, yang yatim di tempat lain,” kata H Hasby. Ia juga menjelaskan, program “Sultra Bersedekah” adalah bagian dari program “Sultra Beribadah”.

Pada program Sultra Bersedakah kemarin, Hasby menargetkan 5 ribu kaum duafa atau fakir miskin Sultra bisa bisa mendapatkan santunan dari Pemprov Sultra. “Kita target 5.000. Penyaluran santunan pun Insya Allah akan dilangsungkan dua hari. Pertama itu hari ini (kemarin, red) sebanyak 3.000 orang. Kedua akan disalurkan di kantor Baznas Sultra, disamping kantor Gubernur Sultra sebanyak 2.000 orang,” ungkapnya.

Dalam santunan tersebut, Hasby mengatakan Pemerintah menyiapkan anggaran sebesar Rp 1 miliar. Dalam penyalurannya, setiap kaum duafa atau fakir miskin mendapatkan santunan sebanyak Rp 200 ribu. Ia pun berharap niat tulus dari Gubernur dapat menjadi berkah secara ekonomi bagi mereka yang kurang beruntung. “Tapi program ini tidak menjadi kebiasaan masyarakat untuk setia menjadi kaum duafa,” katanya.

Selain itu, Hasby juga mengungkapkan alasan kegiatan penyantuanan duafa dan fakir miskin di mesjid Al Alam merupakan bentuk perkenalan mesjid Al Alam kepada masyarakat Sultra. “Diharapkan masyarakat bisa menyaksikaan kondisi mesjid Al Alam yang akan menjadi kebanggan masyarakat Sultra nantinya, sekaligus meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Baznas terhadap pengelolaan zakat secara terorganisir,” imbuhnya.

Menjelang siang, istri gubernur Sultra, Tina Nur Alam hadir. Dalam kesempatan itu juga, wanita yang karib disapa Ibu Tina ini juga mengungkapkan permohonan maaf gubernur. “Saya kesini untuk ketemu secara langsung sekaligus menjadi perwakilan Pak gubernur,” kata legislator Senayan asal Sultra ini.

Anggota Komisi IX ini juga mengharapkan doa dari kaum duafa dan fakir miskin yang hadir untuk kelancaran pembangunan mesjid Al Alam. “Mohon doanya agar pembangunan masjid ini bisa rampung 100 persen sebelum masa jabatan Pak Gubernur berkhir,” ungkapnya.

Ia pun juga mengungkapkan rasa syukurnya atas keberhasilan program Sultra Bersedekah yang diselenggarakan oleh Pemerintah Sultra bekerjasama dengan Baznas, Kanwil Agama Sultra dan Kendari Pos itu. “Program ini diharapkan dapat berjalan secara berkelanjutaan meski Pak Gubernur Nur Alam tidak lagi menjabat,” pungkasnya. (yog)

Kendari Pos

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top