Target Rp 12 Miliar, PAD yang Masuk baru Rp 1 Miliar – FAJAR Sultra
News

Target Rp 12 Miliar, PAD yang Masuk baru Rp 1 Miliar

BURANGA, BKK- Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Buton Utara (Butur) hingga per Juni 2017 ini, baru mencapai Rp 1 miliar. Angka tersebut sangat jauh dari harapan, mengingat PAD yang ditargetkan sebesar Rp 12 miliar.

Minimnya PAD itu pun membuat Bupati Butur, Abu Hasan, geram. Dia mengaku sangat kecewa dengan kinerja pimpinan Organisasi Perangkat Daerah yang mengelola PAD.

Saking geramnya, bupati langsung mengeluarkan pernyataan keras. Bahwa dia, akan mencopot siapa pun kepala OPD yang kerjanya tidak maksimal.

“Saya sudah mengumpulkan semua kepala SKPD untuk duduk bersama melaporkan setoran PAD. Mayoritas masih dari jauh dari harapan. Padahal target PAD Butur tahun ini Rp 12 miliar,” kata Abu Hasan, beberapa waktu lalu di Ereke.

Padahal menurutnya, target PAD Butur itu lebih kecil jika bandingkan dengan daerah lain. Tapi kenyataannya, PAD yang masuk baru Rp 1 miliar lebih.

Abu Hasan pun mengaku sudah memberikan peringatan keras bagi seluruh kepala OPD, baik yang defentif maupun yang berstatus pelaksana tugas. Mereka diminta untuk segera bekerja dan memperlihatkan hasilnya.

“Para Plt yang mengemban amanah sebagai kepala dinas dan badan jangan berharap banyak untuk diangkat atau dilantik menjadi kadis definitif jika kinerjanya tidak sesuai yang diharapkan. Saat ini ada 17 pelaksana tugas sementara menjabat sebagai kepala dinas,” tegas Abu Hasan.

Ditemui terpisah, Kepala Badan Keuangan Daerah Butur, Tasir mengungkapkan sempat terjadi peningkatan signifikan mendekati akhir semester pertama ini. “Awalnya Rp 800 juta, sekarang sudah lebih Rp 1 miliar lebih. Tapi kalau diukur dari target, memang masih sangat jauh,” katanya.

Meski demikian, Tasir berharap para kepala OPD bisa mengejar ketertinggalannya dengan bekerja secara maksimal. (cr10/aha)

Berita Kota Kendari

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top