BPPD Lanjutkan Pembahasan Delapan Raperda – FAJAR Sultra
News

BPPD Lanjutkan Pembahasan Delapan Raperda

WANGGUDU, BKK- DPRD Konawe Utara (Konut) memastikan delapan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang sudah diajukan pemerintah kabupaten akan dilanjutkan dalam waktu dekat. Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (BPPD) Konut, Ir Safrin mengatakan, agenda hari pertama berkantor setelah libur ini adalah persiapan pembahasan Raperda tersebut.

Politisi Partai Golongan Karya (Golkar) ini mengatakan, tidak ada alasan untuk menunda proses pembahasan. Bahkan dirinya berharap Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang sudah diusulkan bisa secepatnya ditetapkan menjadi peraturan daerah (Perda).

“Agar banyak waktu bagi kita dan pemerintah daerah untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat kita,” imbuhnya.

Dia menambahkan, delapan buah Raperda yang diajukan oleh Pemda Konut dinilai penting sebagai landasan dan batasan hukum yang harus dipatuhi masyarakat Konut. Terutama Raperda tentang

Penertiban Hewan Ternak yang sudah menjadi sorotan umum.

“Semua Raperda yang diusulkan adalah penting. Seperti usulan Raperda penertiban hewan ternak, itu merupakan suatu keharusan karena memberikan dampak langsung bagi masyarakat baik pemilik ternak maupun tidak,” terangnya.

Lanjut Safrin, jika Raperda penertiban hewan ternak menjadi Perda, maka diharapkan tidak ada lagi ternak yang dibiarkan bebas berkeliaran di jalan. Karena selama ini, para pengguna jalan sudah dibuat resah dengan banyaknya kecelakaan akibat aksi hewan ternak yang kerap menyeberang tiba-tiba.

Selain itu, para pemilik kebun juga sudah berkali-kali mengeluhkan kerusakan kebunnya akibat hewan ternak yang dibiarkan bebas berkeliaran. “Memang ini yang kita terus dorong agar ada kandangnisasi dan talinisasi. Sebab, kecelakaan di jalan banyak disebabkan oleh ternak. Utamanya sapi dan kambing yang berkeliaran di tengah jalan. Makanya kita berikan batasan, minimal ada rujukan dan dasarnya bila terjadi kecelakaan nanti. Sehingga pemilik ternak tidak sembarang melepas ternaknya,” ujarnya.

Sebelumnya, Bupati Konut, Ruksamin sudah menyampaikan penjelasan atas delapan buah Raperda ke DPRD. Raperda itu diantaranya Raperda penertiban hewan ternak, penyelenggaran perhubungan, Rambu lalu lintas jalan, Retribusi terminal, Raperda tentang retribusi masuk kawasan obyek wisata, penataan televisi berlangganan (TV Kabel), Raperda perubahan perda nomor 13 tahun 2012 tentang retribusi menara telekomunikasi dan Raperda tentang pengelolaan sampah. (cr12/aha)

Berita Kota Kendari

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top