Pemekaran Kepton Masuk Desartada – FAJAR Sultra
News

Pemekaran Kepton Masuk Desartada

BAUBAU, BKK- Wacana pemekaran Provinsi Kepulauan Buton (Kepton) sebagai Daerah Otonomi Baru belum menuai titik kejelasan. Diangkat sejak tahun 2000, wacana ini kemudian mengalami hambatan pada 2009 akibat adanya kebijakan pusat yang melakukan moratorium pemekaran DOB.

Kepala Sekertariat Bersama (Sekber) Percepatan Provinsi Kepton, La Jusmani mengatakan sejak moratorium DOB itu, praktis perjuangan pembentukan Provinsi Kepton itu jalan di tempat. Padahal menurutnya, administrasi pemekaran daerah pemilik benteng terluas di dunia ini telah dinyatakan lengkap oleh perintah pusat.

Bahkan, diantara semua daerah yang diusulkan untuk dimekarkan, Kepton yang paling lengkap dan paling siap. Namun kini, usulan pemekaran tersebut saat ini bergantung pada Presiden RI, Joko Widodo.

“Presiden belum juga mendatangani keputusan pemekaran ini. Andai hari ini sudah ditandatangani Presiden, maka besok pun daerah ini kita sudah bisa mekar,” ungkap La Jusmani, saat ditemui dalam kegiatan Halal bin Halal pemuda Kepton, belum lama ini.

Meski moratorium masih berlaku, harapan untuk mewujudkan Provinsi Kepton masih ada. Menurutnya dengan adanya Desain Besar Penataan Daerah (Desartada) 2010-2025 dari Kementerian Dalam Negeri yang memungkinkan bertambahnya jumlah provinsi, maka Kepton bisa masuk di situ.

“Jadi menurut versi DPD, pemerintah dan DPR Provinsi, usulan Kepton telah masuk dalam Desartada itu. Sehingga pemekaran Kepton diberi batasan waktu sampai dengan tahun 2025,” tandasnya. (k1/aha)

Berita Kota Kendari

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top