Muna Tetap Optimis Raih WTP 2017 – FAJAR Sultra
News

Muna Tetap Optimis Raih WTP 2017

FITRI/BKK
Ari Asis SH

RAHA, BKK- Di tengah sorotan tentang banyaknya aset daerah yang masih dikuasai oleh oknum PNS, Pemerintah Kabupaten Muna tetap optimistis akan meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian dari BPK RI Perwakilan Sulawesi Tenggara.

Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Muna, Ari Asis mengatakan, permasalahan aset tersebut akan diselesaikan dalam waktu secepatnya. Dari penelusuran pihaknya, memang ditemui aset yang bermasalah dan harus diklirkan.

“Banyak aset kita memang secara ril, sudah tidak ada. Bahkan ada aset yang pengadaanya tahun 80an, tapi masih tercantum dalam laporan keuangan dan neraca kita. Makanya ke depan ini kami akan melakulan penghapusan aset-aset itu, agar tidak membebani necara kita ke depan,” kata Ari.

Menurutnya, tindakan penghapusan aset ini dilakukan oleh tim khusus. Tim tersebut sekarang tengah bekerja mendata aset mana saja yang layak untuk dihapus.

“Aset-aset yang secara fisik dan tahun pengadaannya secara ekonomi sudah tidak bernilai, akan kita hapuskan. Tapi kalau masih bernilai ekonomi, akan kita lelang. Bayangkan aset seperti motor, mobil yang pengadanya tahun 80an, masih masuk dalam laporan hingga kini,” tambah mantan Sekwan DPRD Muna ini

Bagaimana dengan aset-aset bernilai yang masih dikuasai dan enggan dikembalikan oleh sejumlah oknum pejabat, menurut Ari Asis, hal itu juga menjadi perhatian utama. BKAD akan terus meminta arahan dari Sekretaris Daerah.

“Sebetulnya yang bertindak secara struktur terkait masalah penettiban aset itu adalah Sekda. Kita di BKAD itu hanya terkait teknis pelaksanannya saja. Walaupun demikian, kita tetap berkordinasi kepada semua SKPD. Mereka yang enggan laporkan aset daerah, kita laporkan ke Sekda. Karena Sekdalah yang berhak menindak mereka secara kedinasan,” pungkas pengganti Hj Ratna Ningsih ini. (r1/aha)

Berita Kota Kendari

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top