Minat ber-KB Rendah, BKKBN Kunjungi Masyarakat – Fajar Sultra
News

Minat ber-KB Rendah, BKKBN Kunjungi Masyarakat

FITRI AZHARI/BERITA KOTA KENDARI
WARGA Tongkuno bersama petugas BKKBN Sultra dan BKKBN Muna dalam sebuah kegiatan sosialisasi, Selasa (11/7).

RAHA, BKK- Dari seluruh kabupaten/kota se Sulawesi Tenggara, masyarakat Kabupaten Muna yang paling rendah keinginannya untuk berpartisipasi dalam program keluarga berencana. Bahkan tahun lalu, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional mencatat tingkat pencapaian akseptor KB di Muna hanya 17 persen dari target.

BKKBN Sultra pun harus turun gunung alias mendatangi langsung masyarakat. Karena jika tidak didatangi langsung, angka akseptor KB di Muna tidak akan lebih baik dari tahun lalu.

Kepala Bidang KB, BKKBN Sultra, La Dia mengungkapkan, melihat pencapaian akseptor KB di Muna, daerah itu pantas masuk dalam zona merah. “Makanya tahun ini kami harus mendampingi langsung (BKKBN) kabupaten Muna melakukan kegiatan pelayanan KB di sejumlah kecamatan yang berzona merah, seperti Tongkuno dan Tongkuno Selatan,” kata La Dia.

Ternyata, pelayanan langsung ke masyarakat ini terbukti ampuh. Buktinya, di hari pertama saja sudah ada 100 pasangan yang bersedia menjadi akseptor.

“Saya yakin kalau melihat animo masyarakat ini, tahun ini Kabupaten Muna akan keluar dari zona merah dan bisa masuk ke zona kuning. Sekarang saja capaiannya sudah 30 persen,” tambah La Dia.

Kabid KB dari BKKBN Muna, Vivi Vederika mengatakan, hingga Mei lalu, jumlah akseptor KB baru mencapai 27 persen. Idealnya, kata dia, sudah 42 persen. Namun dia optimistis dengan program turun ke lapangan, akan lebih banyak lagi masyarakat yang berminat menjadi akseptor KB.

Di Muna, ada beberapa kecamatan yang menjadi sasaran kegiatan. Yakni Tongkuno, Tongkono Selatan dan Bata Laiworu. (r1/aha)

Berita Kota Kendari

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top