Jampersal di Butur Sebesar Rp 1 Miliar – FAJAR Sultra
News

Jampersal di Butur Sebesar Rp 1 Miliar

BURANGA, BKK- Dinas Kesehatan Kabupaten Buton Utara saat ini tengah gencar melakukan sosialisasi pendaftaran Jaminan Persalinan (Jampersa) gratis bagi ibu hamil. Sosialisasi tersebut dilakukan melalui koordinasi camat dan desa-desa bersama pihak Puskesmas di daerah tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Buton Utara, dr. Kasrul saat ditemui diruang kerjanya, Rabu (19/7) mengungkapkan, total anggaran yang disiapkan dalam Jampersal sebesar Rp yang bersumber dari DAK. Saat ini, Pemkab masih menunggu pencairannya dari pusat.

Meski belum cair, namun mantan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Butur ini memastikan seluruh ibu yang melakukan persalinan tetap ditanggung biayanya. Sebab Jampersal bertujuan menekan angka kematian Ibu akibat melahirkan. “Seluruh ibu hamil tidak perlu mengeluarkan biaya apabila memeriksakan kehamilan, melahirkan, dan pemeriksaan setelah melahirkan di seluruh sarana kesehatan milik Pemerintah,” katanya.

Untuk mendapatkan Jampersal, hanya diperlukan KTP, KK dan rekomendasi dari desa sebagai keluarga tidak mampu. Syarat lainnya, bukan pengguna BPJS.

“Ini dikhususkan masyarakat kurang mampu, makanya harus ada rekomendasi tidak mampu dari desa asalnya si pasien,” ujarnya (cr10/aha)

Berita Kota Kendari

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top