Minim Bantuan, Kontingen Silat Butur Raih Juara Dua – Fajar Sultra
News

Minim Bantuan, Kontingen Silat Butur Raih Juara Dua

BURANGA, BKK- Ikatan Pengurus Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Buton Utara (Butur) patut berbangga. Pasalnya, baru-baru ini lima atlet yang diturunkan ke Kejuaraan Daerah Konawe, berhasil mengukir prestasi.

Kontingen Pencak Silat Butur berhasil meraih tiga medali emas dan dua medali perak. Medali emas dipersembahkan Fajar Alif yang turun pada kelas E (65-70 kg). Dua medali emas lainnya diraih dari kelas putri yakni Yuslan yang turun pada kelas putri E (65-70 kg), dan Selfi kelas C (55-70 kg). Untuk, perak dipersembahkan oleh La Ode Andiworo, di kelas C (45-50 kg), dan Hernis Isabela Setyowati, di kelas B (50-55 kg).

Atas perolehan tersebut, Butur berhasil menduduki juara dua umum. Sedangkan juara satu umum direbut Kota Kendari. Sementara Kolaka Utara menduduki urutan ketiga.

Prestasi ini cukup mengharukan mengingat Prestasi tidak adanya biaya operasional bagi para atlit. Baik dari KONI Butur sendiri maupun dari pihak lainnya.

Ketua Pencab IPSI Butur, Agus Pria Budiana mengatakan, prestasi yang diraih atlitnya patut dibanggakan. “Ini prestasi yang sangat membanggakan. Kita bisa mengalahkan puluhan atlet dari hampir semua kabupaten di Sultra” katanya.

Kepala Dinas Pendidikan Butur ini pun mengaku minimnya sokongan anggaran. Agar bisa tetap tampil, Agus pun harus mengandalkan uang pribadi. Tetapi enggan disebutkan jumlahnya.

“Dari 5 atlet kita ikut sertakan, semua dapat juara. Padahal, tidak ada dana. Ini hanya bentuk kepedulian sehingga berani menggunakan dana pribadi saya sendiri,” akunya.

Keterbatasan dana ini pula yang membuat Butur hanya bisa mengikutkan lima atlitnya. Sementara, yang diminta pihak panitia sekitar 10 orang atlet.

“Mestinya sepuluh orang kita turunkan, tapi keterbatasan biaya. Akhirnya saya hanya memilih 5 orang, dan pilihan itu tidak salah,” ucapnya.

Dengan prestasi ini, setidaknya bisa menjadi pertimbangan pihak KONI Butur untuk selalu melakukan dukungan atas pembinaan terhadap atlet-atlet di Butur. “Keikutsertaan pada kegiatan seperti ini merupakan bentuk pembinaan, dan semuanya harus memberikan dukungan agar para atlet kita, bisa meningkatkan prestasi kedepannya,” harapnya. (cr10/aha)

Berita Kota Kendari

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top