Museum Sultra Dibobol Maling, Ratusan Benda Bersejarah Rain

Rabu, 27 Januari 2021 05:00

Ilustrasi museum Sultra

SULTRA.FAJAR.CO.ID, KENDARI – Museum Taman Budaya Sulawesi Tenggara (Sultra) dibobol maling. Barang berharga yang memiliki nilai sejarah ikut hilang.Pihak polsek Baruga telah memasang garis polisi di TKP.

Beberapa ruangan yang berhasil dibobol adalah ruang penyimpanan, ruang penelitian koleksi, ruang transit koleksi dan beberapa ruangan lainnya.

Hal ini dibenarkan Kepala Museum Sultra, Dodi Syahrul Syah, “ada beberapa barang-barang museum bersejarah yang berhasil diambil oleh orang yang tidak bertanggung jawab.”

Dodi menambahkan kemungkinan barang berharga yang berhasil diambil ada sekitaran ratusan seperti aksesoris pakaian pengantin, logam, keramik yang bernilai sejarah, Kris aksesoris, piring, cerek, perlengkapan adat dan masih banyak lagi.

“Namun untuk masalah jumlah keseluruhan yang hilang, nanti setelah pihak kepolisian melakukan tindakan kami akan memverifikasi semua. Tapi untuk data-data yang hilang ini sudah lengkap datanya jadi gampang kita mengetahui barang-barang apa saja yang hilang,” ungkapanya, Rabu, 27 Januari.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat apabila ada yang menawarkan benda bersejarah itu agar kiranya segera melapor ke pihak kepolisian.(fajar)

Komentar

VIDEO TERKINI