Konsumsi Pisang Ambon, Ini 8 Manfaatnya untuk Kesehatan

Senin, 1 Februari 2021 04:39

Ilustrasi pisang

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Siapa yang tidak suka pisang? Buah berbentuk lonjong dengan kulit berwarna kuning ini menjadi salah satu buah kesukaan banyak orang di dunia, termasuk di Indonesia.

Pisang ambon merupakan jenis varietas pisang yang ada di Indonesia.

Baca juga: Jeruk Nipis Campir Kecap, Ini 9 Manfaatnya untuk Kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat pisang ambon untuk kesehatan, seperti dilansir laman Genpi.co.

Obat Maag Alami

Manfaat pisang ambon berikut ini menjadi kabar yang menggembirakan bagi para penderita maag. Menurut suatu penelitian, pisang termasuk pisang ambon diketahui bisa menjadi obat alami yang efektif untuk mengatasi penyakit maag.

Pisang mengandung senyawa kimia yang disebut dengan sitoindosides. Senyawa ini mempromosikan sekresi lendir di saluran pencernaan yang bertindak sebagai lapisan pelindung guna mencegah asam untuk merusak lapisan mukosa lambung.

Selain itu, pisang juga menjadi salah satu bahan makanan sumber prebiotik yang mendorong pertumbuhan mikroorganisme baik dalam sistem pencernaan.

Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Bagi yang menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi, tak ada salahnya untuk mencoba rutin mengonsumsi pisang ambon setiap hari.

Pisang ambon mengandung kalium yang bisa mengatur saraf perifer dan sentral sekaligus bertindak sebagai elektrolit dalam tubuh yang secara langsung memengaruhi tekanan darah.

Rutin mengonsumsi pisang ambon setiap hari menjadi salah satu terapi alami dalam mengatasi tekanan darah tinggi.

Komentar

VIDEO TERKINI