Abu Janda Diperiksa 12 Jam Dicecar 50 Pertanyaan

Selasa, 2 Februari 2021 06:46

Permadi Arya alias Abu Janda

Untuk itu, Pengamat Hukum Pidana dari Universitas Trisakti, Abdul Fickar Hadjar menyebut kasus yang membelit Abu Janda harus disikapi Polri dengan serius. Abu Janda seharusnya ditahan.

“Karena ancaman hukumannya pasal 28 ayat (2) UU ITE adalah enam tahun,” katanya.

Selain itu, dikatakannya, Abu Janda juga melakukan ujaran kebencian terhadap tokoh Papua, Natalius Pigai. Ditegaskannya, tafsir kata ‘evolusi’ tidak boleh menurut sipenutur, tetapi menurut publik. Artinya maksud kata ‘evolusi’ itu harus dikaitkan kepada apa dan siapa, kata itu ditujukan.

“Lalu, dalam hal ini kata itu ditujukan kepada Natalius Pigai. Maka itu berarti rasisme dan termasuk ujaran kebencian,” ujarnya.

Dalam penjelasan Pasal 28 ayat (2) UU ITE, setiap orang yang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) akan dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp 1 miliar.

“Ya lima tahun keatas menurut KUHAP bisa ditahan. Dilihat saja nanti bagaimana kasus ini,” ucapnya.

Di sisi lain, Haris Pertama, Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPP KNPI) yang melaporkan Abu Janda ke Bareskrim mendapat teror.

Teror tersebut berupa peretasan pada akun Twitter miliknya. Lalu, pada Senin (1/2), kediaman Haris diteror orang tak dikenal (OTK). Kabar tersebut diutarakan Haris lewat akun Twitter resminya @harisknpi. Haris berharap, dirinya dan keluarga diberi keselamatan.

Komentar

VIDEO TERKINI