Pasca Renovasi, Masjid Istiqlal Bentuk Indonesia Halal Centre

Selasa, 2 Februari 2021 06:08

Presiden Joko Widodo saat peresmian renovasi Masjid Istiqlal Jakarta.

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Masjid Istiqlal membuat program baru, yakni ISTIQLAL INDONESIA HALAL CENTER (IIHC). Bersama dengan Big Indonesia, program ini sebagai wadah bagi komunitas pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk menjadikan RI produsen produk halal terkemuka dunia.

Kepala Bidang Pendidikan dan Pelatihan Masjid Istiqlal Faried F. Saeong mengatakan, keberadaan IIHC ini bukan hanya membuat Istiqlal sebagai masjid yang terbesar, tapi juga dapat membangun budaya baru untuk membantu pelaku UMKM.

“IIHC membangun budaya baru di Istiqlal untuk membantu pengusaha kecil dan menengah. Kita sedang mempersiapkan masjid ini dan membalik logikanya,” ujar Faried saat acara IIHC bertajuk “IKM/UKM Produk Halal Indonesia Berdaya Saing Global” pada Jumat (22/1/2021).Baca:Era Jokowi Kali Pertama Istiqlal Direnovasi, Biayanya Rp511 M

Dia mengatakan, IIHC ingin memberdayakan umat dan ingin melakukan kolaborasi dengan baik. Program ini juga untuk mendukung pemerintah dalam mewujudkan Indonesia sebagai produsen produk halal dunia.

Dengan demikian, IICH mengajak komunitas pengusaha hingga UMKM untuk mewujudkan program tersebut dengan mengambil dasar pemikiran dari master plan ekonomi syariah.

Nantinya akan ada banyak program yang diberikan seperti inkubator dan akselator yang berfungsi sebagai pusat pelatihan atau training serta market place e-commerce aplikasi Istiqlal. Lalu galeri produk dan area jual beli yang berada di area di pintu Al-Fatah. (fnn)

Komentar

VIDEO TERKINI