Tingkatkan Daya Tahan Tubuh, Ramuan Ini Bisa Membantu

  • Bagikan

SULTRA.FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Stres dan jadwal yang padat membuat banyak orang kehabisan tenaga dan mencari cara untuk merasa lebih berenergi dan waspada.

Meskipun cukup tidur, makan makanan padat nutrisi, menjaga berat badan yang sehat, dan mempraktikkan perawatan diri adalah faktor terpenting untuk merasa terbaik, beberapa ramuan ternyata bisa membantu.

Berikut ini beberapa ramuan yang ampuh meningkatkan daya tahan tubuh, seperti dilansir laman Genpi.co.

Jahe
Ramuan kuno ini membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan peradangan paru-paru. Beberapa penelitian menunjukkan ekstrak jahe menunda pneumonia dan sindrom gangguan pernapasan pada orang dewasa.

Jahe juga membantu melawan dingin dan batuk dengan meningkatkan produksi sel-T.

Cara menggunakan:
Siapkan teh jahe dengan air dan tambahkan madu ke dalamnya. Minumlah dua kali sehari. Juga, tambahkan ke makanan sehari-harimu.

Bawang Merah
Bawang merah sarat dengan beberapa senyawa penambah kekebalan tubuh seperti vitamin C, selenium dan seng. Bawang mengandung flavonoid yang disebut quercetin yang merupakan antioksidan yang sangat kuat.

Quercetin dikenal karena sifat antivirus dan anti-inflamasinya yang membantu meningkatkan respon sistem kekebalan terhadap patogen.

Cara menggunakan:
Rendam beberapa irisan bawang dalam air selama sekitar 7-8 jam.Minum 3-4 sendok nakan air tiga kali sehari. Juga, masukkan bawang saat memasak makanan.

Bawang Putih
Bawang putih sangat penting untuk menjaga homeostasis dari sistem kekebalan tubuh. Diketahui untuk merangsang produksi darah putih yang bertindak sebagai pembunuh alami untuk patogen.

  • Bagikan