Bantuan Kapal dan Alat Tangkap Habiskan Rp 1,3 Miliar

Kamis, 4 Februari 2021 06:02

Ilustrasi

FAJAR.CO.ID, KONAWE — Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Konawe mendapat dana alokasi khusus (DAK) dari Pemerintah Pusat sebesar Rp 1,3 miliar. Anggaran itu rencananya diporsikan untuk pengadaan bantuan armada kapal nelayan di kecamatan Soropia, termasuk alat tangkap ikan.

Kepala DKP Konawe, Gunawan Samad, mengatakan, bantuan kapal bertenaga 5 Gross Tonase (GT ) itu, diprioritaskan bagi nelayan di wilayah pesisir Soropia. Namun ia mengaku tak mengingat pasti berapa banyak armada kapal yang bakal dibagikan nanti.

Sementara untuk bantuan alat tangkap, katanya, selain di Soropia, DKP juga rencananya bakal membagikannya ke para petambak ikan air tawar.

“Jadi kalau alat tangkap seperti bumbung, kita akan bagikan di wilayah daratan juga. Tidak hanya di bagian pesisir,” ujarnya, kepada kendaripos kemarin.

Selain itu, Gunawan Samad menyebut, lewat pos APBD Konawe tahun 2021, pihaknya bakal menyalurkan bantuan pembuatan keramba tancap ikan. Masing-masing, keramba tancap air tawar serta tancap air laut.

“Anggarannya saya kurang ingat berapa. Tapi kalau untuk keramba tancap air tawar, lokasinya ada di Wonggeduku dan beberapa kecamatan lain. Kalau di Soropia, itu khusus keramba tancap air laut. Kurang lebih empat sampai lima akan kita buatkan di sana,” ungkapnya. (c/adi/kp/FNN)

Komentar

VIDEO TERKINI