JK : Satu Orang Pendonor Plasma konvalesen Bisa Selamatkan 2 Nyawa

Senin, 8 Februari 2021 04:30

Ketua PMI Jusuf Kalla saat melihat kegiatan donor plasma di Kementerian BUMN yang dilaksanakan di Kantor Pusat Pertamina Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat, Senin(08/02/2021).

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat, mengungkapkan setiap harinya PMI menerima permintaan 200 kantong plasma konvalesen, sementara saat ini PMI hanya bisa memenuhi 40 permintaan per hari. Untuk itu JK sangat berharap para penyintas untuk mau meluangkan waktunya untuk mendonorkan plasma konvalesennya pada salh satu dari 34 Unit Donor Darah yang disiapkan oleh PMI. Menurut JK setiap 1 orang pendonor yang diambil plasma konvalesennya masing masing sebanyak 400 cc dapat diberikan kepada 2 orang penderita covid dengan kondisi kritis.

Hal itu disampaikan JK saat memberikan sambutan pada acara Aksi 1048 Donor Nasional Terapi Plasma Konvalesen BUMN untuk Indonesia secara serentak di seluruh indonesia oleh Kementerian BUMN yang dilaksanakan secara seremoni di Kantor Pusat Pertamina Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat, Senin(08/02/2021).

“Saat ini PMI setiap harinya selalu menerima permintaan 200 kantong plasma konvalesen, sementara yang bisa dipenuhi hanya 40 kantong. Untuk itu kita harapkan kesediaan para penyintas covid yang memenuhi syarat untuk mau mendonorkan plasmanya. Kita ada 34 UDD dari 255 UDD yang kita miliki diseluruh Indonesia bisa melakukan donor plasma. Setiap orang penyintas cukup meluangkan waktunya 40 menit mendonorkan darahnya dan itu bisa menyelamatkan 2 nyawa, karena masing-masing kita ambil 400 cc dan itu bisa diberikan kepada 2 orang” ujar JK.

Komentar

VIDEO TERKINI