JK : Satu Orang Pendonor Plasma konvalesen Bisa Selamatkan 2 Nyawa

  • Bagikan

“Dari 100 orang yang ingin donor rata rata yang dapat diterima atau masuk kategori itu hanya 10- 20 persen, karena PMI sangat ketat melakukan screening demi keselamatan”.

Selain itu JK juga memberi peringatan akan perlunya upaya yang lebih giat lagi untuk mencegah penularan Covid-19. Menurutnya dengan jumlah positif yang sudah mencapai 1,2 juta orang dan trend positif per hari sebanyak 12 ribu orang seperti sekarang ini, maka bisa jadi pada akhir april atau dalam waktu tempo 3 bulan jumlah rakyat Indonesia yang terapapar covid-19 bisa mencapai 2 juta orang. Adapun konsekuensi dari jumlah penderita yang mencapai 2 juta tersebut adalah rumah sakit akan kewalahan dalam menangani pasien. Untuk itu JK berharap ada upaya kedisiplinan dari masyarakat dan pemerintah lebih menggalakkan program vaksinasi dengan target 1 juta orang per hari.

“Jumlah penderita saat ini mencapai 1.2 juta orang dengan trend positif perhari mencapai 12 ribu orang. Kalau ini berjalan terus, tanpa ada upaya yang keras dari kita maka pada akhir april jumlah positif akan mencapai 2 juta orang. Rumusannya untuk mencapai 1 juta pertama kita hanya dibutuhkan waktu 10 bulan dan 1 juta kedua hanya butuh waktu 3 bulan. Yang akan menjadi persoalan kalau itu terjadi adalah kesulitan Rumah sakit. Untuk itu salah satu caranya untuk mencegah itu semua adalah masyarakat harus lebih disiplin lagi dan dan vaksinasi harus lebih digalakkan lagi, untuk bisa membuat grafik 12 ribu per hari ini tidak naik lagi kemudian turun adalah dengan cara memvaksinasi 1 juta orang per hari”. Tegas JK.

  • Bagikan