Cegah Covid-19, Jangan Asal Pilih Masker, Sesuaikan Situasi yang Dihadapi

  • Bagikan

Senada, Hery Gunardi Wakil Direktur Utama Bank Mandiri menyesuaikan penggunaan masker dengan situasi yang dihadapi. Kalau hanya bekerja di kantor, ia pilih pakai masker kain saja. Tetapi kalau harus keluar kantor dan bertemu dengan orang dari lingkungan luar, masker medis harus tersedia agar lebih aman.

Di lingkungan sekitar Hery, kesadaran penggunaan masker sudah sangat baik karena saling mengingatkan satu sama lain. Di kantor Bank Mandiri sendiri sudah ada covid ranger yang ditunjuk mengawasi dan melakukan edukasi agar karyawan mematuhi protokol Covid-19, termasuk penggunaan masker.

Tak ketinggalan juga orang penting di sektor energi. Direktur PT ABM Investama Tbk Adrian Erlangga mencoba berbagi pengalaman dalam menggunakan masker di masa pandemi Covid-19. Sehari-hari, ia selalu menggunakan masker medis yang dinilainya efektif untuk menahan penularan virus Corona.

Baginya, penggunaan masker bukan hal baru. Bekerja di industri tambang batubara, membuatnya terbiasa mengunakan masker saat melakukan kunjungan ke area pertambangan yang dipenuhi oleh partikel debu.“Kalau di area operasi, masker itu sudah menjadi standar tersendiri yang harus dipatuhi oleh setiap pekerja di sana,” ujarnya.

Saat berkunjung ke area tambang maka jenis masker yang digunakan harus N95. Masker ini merupakan jenis masker respirator yang berfungsi menyaring udara dari partikel yang sangat kecil.

Sementara Sekretaris Perusahaan PT Bukit Asam Tbk Apollonius Andwie C mengaku selalu menggunakan masker medis saat bekerja di kantor maupun di luar kantor, sejak pandemi Covid-19 merebak. Ia memilih jenis itu karena punya tiga lapisan dan memenuhi standard yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan maupun WHO.

  • Bagikan