Cegah Covid-19, Jangan Asal Pilih Masker, Sesuaikan Situasi yang Dihadapi

Rabu, 10 Februari 2021 05:20

Ilustrasi/FAJAR

Dari sektor investasi, Ekonom Bank Mandiri Reny Eka Puteri pun sadar betul betapa pentingnya penggunaan masker untuk mencegah penyebaran Covid-19. Ia pun memilih menggunakan masker medis yang menurutnya jauh lebih aman dan sudah teruji. Bahkan, Reny pun juga menggunakan face shield hingga kacamata untuk semakin meminimalisir risiko.

Ilustrasi/dok

Head of Fixed Income Trimegah Sekuritas Darma Yudha juga berpendapat serupa. Ia pun memilih untuk menggunakan masker medis yang dinilai paling efektif. Selain itu, masker medis juga sudah memenuhi standardisasi dibandingkan masker kain.

“Penggunaan masker jadi hal yang paling penting ketika kita memang terpaksa harus ke luar rumah untuk melakukan aktivitas. Kita tidak tahu kondisi di luar itu seperti apa, jadi menggunakan masker adalah upaya untuk melindungi diri sekaligus memutus rantai persebaran virus covid-19,” tambah Yudha.

Baik Yudha maupun Reny memang menilai masker jadi pelindung paling utama. Namun, cara paling efektif untuk terhindar dari Covid-19 adalah dengan berdiam diri di rumah. Oleh sebab itu, mereka menyarankan untuk masyarakat sebisa mungkin membatasi diri untuk tidak melakukan aktivitas di luar, kecuali kegiatan yang bersifat mendesak. Jika memang harus keluar rumah, tak ada pilihan lain selain untuk menggunakan masker dan jangan lupa pula jaga jarak dan mencuci tangan.

Sementara Tim pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid–19, Wiku Adisasmito juga merekomendasikan ada lima jenis masker yang dianjurkan untuk digunakan yaitu masker kain 3 lapis, masker medis 2ply, masker medis 3ply, Masker N95, dan Reusable Facepiece Respirator. Kelimanya memiliki kemampuan dan standar kesehatan dalam mencegah droplet yang berpotensi membawa Covid-19.

Komentar

VIDEO TERKINI