Konsumsi Ubi Ungu, Ini 6 Manfaatnya untuk Kesehatan

  • Bagikan

SULTRA.FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Ubi Ungu memiliki kulit coklat keabu-abuan dan daging buah ungu, serta teksturnya menjadi lembut seperti kentang saat dimasak.

Ubi ini memiliki rasa manis dan pedas dan digunakan dalam berbagai hidangan, mulai dari manis hingga gurih.

Terlebih lagi, mereka sarat dengan vitamin, mineral, dan antioksidan, yang semuanya bisa bermanfaat bagi kesehatan Anda.Berikut ini beberapa manfaat ubi ungu, seperti dilansir laman Genpi.co.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Kandungan antioksidan dalam ubi ungu berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan juga menangkal radikal bebas.

Bahkan antosianin dan polifenol ubi ini mampu merangsang tubuh dalam mengeluarkan racun dari tubuh.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Menurut para peneliti, mengonsumsi ubi ungu efektif mengurangi tekanan darah, serta menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke pada penderita hipertensi.

Sayuran, buah-buahan, atau umbi-umbian berwarna ungu kaya akan karotenoid, asam fenolat, dan antosianin, yaitu zat pemberi warna ungu yang memiliki sifat antioksidan.

Fungsi antioksidan tersebut adalah mengurangi peradangan kronis yang terkait dengan penyakit jantung dan stroke. Ubi ungu juga memiliki kadar kalium dan asam klorogenik yang tinggi. Zat ini dinilai mampu mengurangi tekanan darah tinggi.

Anti Kanker
Ubi berwarna, seperti ubi ungu, memiliki jumlah komponen antikanker yang tinggi. Sekali lagi, ini berkat antioksidan yang kerap kali dikaitkan bisa mengurangi risiko kanker.

Asupan makanan yang kaya antioksidan, seperti karotenoid, bisa menetralkan radikal bebas sehingga menurunkan risiko kanker lambung, ginjal, usus besar, dan payudara.

  • Bagikan