Wacana Gunakan GeNose di Makassar, Gubernur Sulsel Masih Tunggu Hasil Kajian

Kamis, 25 Februari 2021 02:55

Nurdin Abdullah dan Danny Pomanto (IST)

SULTRA.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR, — Alat deteksi Covid-19 buatan Universitas Gadja Mada (UGM) yang disebut sebagai Gadjah Mada Electronic Nose (GeNose), rencananya akan diberlakukan di Kota Makassar, sesuai laporan Wali Kota Makassar terpilih, Danny Pomanto kepada Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah.

“Kita bicara soal penanganan Covid-19. Jadi Pak Wali akan menggunakan teknologi dari UGM, GeNose. Pokoknya itu inovasi yang akan dilakukan setelah pelantikan. Beliau minta restu. Minta izin untuk melakukan itu,” Nurdin Abdullah, Rabu, (24/2/2021).

Nurdin Abdullah pun memberi dukungan untuk penggunaan tekonologi GeNose. Selain itu, Nurdin Abdullah telah memberikan restunya untuk pelantikan Danny – Fatma, pada Jumat (24/2/2021) mendatang.

Sebelumnya, Eks Bupati Bantaeng itu mengatakan, untuk penggunaan GeNose di Sulsel sementara menunggu hasil kajian.

“Insya Allah setelah kajiannya selesai baru kita putuskan. Tentu segala sesuatunya, langkah kita harus terukur,” ungkapnya.

Nurdin Abdullah juga sempat menyinggung penggunaan vaksin Nusantara. “Masih banyak pandangan. Jadi biarlah uji klinis dulu dimantapkan. Kita harus mencintai produk dalam negeri. Tetapi kita harus uji klinis dulu. Supaya tidak ada impact terhadap kesehatan,” imbuhnya.

Terpisah, Pj Walikota Makassar terpilih, Danny Pomanto menegaskan, seluruh masyarakat Kota Makassar akan diperiksa menggunakan GeNose. Program ini akan segera disiapkan setelah pelantikan. (mg10/fajar)

Komentar

VIDEO TERKINI