Kadissos La Ode Takari: Penerima PKH Mubar Bertambah

Rabu, 3 Maret 2021 10:35

La Ode Takari

FAJAR.CO.ID, LAWORO — Tahun 2021 ini, penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) Kabupaten Muna Barat (Mubar) bertambah. Adanya tambahan penerima itu setelah dilakukan pendataan di 11 kecamatan.

Dengan bertambahnya penerima manfaat dari bantuan Kementerian Sosial (Kemensos) itu, maka bakalan memberikan jaminan hidup yang berkualitas terhadap masyarakat kurang mampu.

Naiknya jumlah penerima PKH dari 2020 ke 2021 cukup signifikan. Sebelumnya, berada pada kisaran 4192 penerima, kini menjadi 6218. Tentunya, itu dilakukan pendataan pada komponen yang berhak menerima bantuan. Mulai dari, ibu hamil, balita, anak sekolah tingkat SD, SMP, SMA, penyandang disabilitas serta lanjut usia (lansia).

“Komponen inilah yang bertambah. Jadi terimanya pertriwulan. Besarannya tidak merata, tergantung jumlah komponen dalam keluarga itu,” kata Kepala Dinas Sosisal (Kadissos) Mubar, La Ode Takari, di ruang kerjanya, Rabu (3/3/2021).

Takari mengatakan, dalam keluarga penerima PKH, terdapat empat komponen, maka keluarga itu menerima empat kategori itu pula. Tentunya, jumlah nominal yang diterima telah ditentukan berdasarkan ketentuan yang sudah ditetapkan pemerintah pusat. Ia menjelaskan, pendataan calon penerima PKH, dilakukan langsung oleh pusat melalui DTKS.

“Penerima PKH ini, tidak bisa tergantikan. Bisa diganti, kecuali mereka sendiri yang bermohon, kalau kebutuhan hidup keluarganya sudah sejahtera. Dinas tidak berhak. Supaya yang belum dapat bisa dapat pula,” terangnya.

Komentar

VIDEO TERKINI