UKW Kendari dan Trasformasi Digital

  • Bagikan

Objektivitas dan trush yang melandasi berita adalah modal utama sehingga pelanggan tak serta merta meninggalkan media kami. Di mana hal tersebut menjadi rimba belantara bagi sebagian entitas yang menyebut dirinya media baru (new media), yang bertaburan di jagad maya atau mayapada.

Kendari Pos, kini juga dapat dibaca dalam platform berbeda dalam bentuk e-paper, portal berita, kanal TV, Updating dan podcast. Pembaca tak lagi dihitung berdasar oplah, tapi dijumlah sebagai audiens.

Lima tahun atau bila memungkinkan lebih cepat, maka penghasilan produk berbasis digital itu menjadi penyumbang utama dalam struktur pendapatan.

Semua media dalam FIC kini telah bertransformasi ke platform digital dan tetap mempertahankan cetak dengan budaya kerja mixing.

Bermodal branding yang kuat, news room, pendekatan komunitas yang baik, sistem kerja yang mengacu pada kode etik jurnalistik, UU Pers No 40/1999 kerja keras, maka transformasi digital dan konvergensi media yang kami lakukan di Sultra dan tempat lain kini berada dalam ekosistem yang benar.

Ekosistem digital dengan konten ‘jernih’, dipercaya (trush), berimbang, faktualitas (pemisahan fakta dan opini), akurat, lengkap, non evaluatif (tidak memberi penilaian/judgment), tidak bombastis, relevan dan mudah diakses merupakan pilihan adaptif terhadap preferensi masyarakat mengonsumsi informasi di era digital.

Uji kompetensi wartawan adalah jalan lurus untuk mengurangi anasir-anasir yang berpotensi menjadi penumpang gelap dalam profesi ini, sekaligus untuk mendapatkan wartawan yang berani berjibaku dalam kerja-kerja jurnalistik.

  • Bagikan