8 Manfaat Konsumsi Sawi Bagi Kesehatan

  • Bagikan

Stabilkan kolesterol
Sawi hijau mampu mengatur kadar kolesterol, menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Kolesterol tinggi dikaitkan sebagai penyebab penyakit kronis seperti jantung dan diabetes.
Mengonsumsi sawi berdampingan dengan makanan lain seperti bakso dan mi ayam dapan menstabilkan kolesterol dalam darah.

Sehatkan jantung
Sawi hijau mengandung folat, kalium, vitamin C, dan vitamin B-6 dan rendah kolesterol. Perpaduan ini membantu menjaga kesehatan jantung. Vitamin B-6 dan folat mencegah penumpukan senyawa yang dikenal sebagai homocysteine. Kelebihan homocysteine dalam tubuh bisa merusak pembuluh darah dan menyebabkan masalah jantung.

Mencegah kanker
Sawi hijau dan jenis sawi lainnya memiliki sifat anti kanker. Folat berperan dalam produksi dan perbaikan DNA, sehingga bisa mencegah pembentukan sel kanker akibat mutasi pada DNA.
Sawi juga mengandung vitamin C, vitamin E, dan beta-karoten. Nutrisi ini memiliki sifat antioksidan kuat yang membantu melindungi sel terhadap kerusakan oleh radikal bebas.

Mencegah anemia
Anemia bisa disebabkan karena kekurangan zat besi dalam tubuh.
Sawi kaya akan zat besi dan folat. Zat besi membantu menjaga hemoglobin tetap terkontrol yang bisa mencegah timbulnya anemia.
Folat membantu tubuh menyerap zat besi lebih efisien, yang kemudian bisa meningkatkan produksi sel darah merah oleh tubuh. (genpi/jpnn/fajar)

  • Bagikan