Cerita Mantan Atlet Voli Timnas Indonesia Aprilia Manganang, Masuk TNI dan Jalani Operasi Demi Jadi Laki-laki Sempurna

Rabu, 10 Maret 2021 02:21

Atlet bola voli putri terbaik Indonesia, Aprilia Manganang, memutuskan pensiun pada Kamis, 10 September 2020. /(Instagram/Aprilia Manganang/@manganang92)

SULTRA.FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Bola voli telah membesarkan nama Aprilia Santini Manganang. Olahraga itu seolah menarik anak pelosok kepada kehidupan yang lebih layak.

Ya, Manganang diketahui lahir dan tumbuh besar di Tahuna, Sulawesi Utara. Untuk sampai ke desanya, butuh perjalanan kapal laut setidaknya 8 jam dari Manado.

Berkat usaha gigihnya, Manganang berhasil menyabet status sebagai pemain voli profesional pertamanya saat memperkuat tim Alco Bandung pada 2011 atau tepat di usianya ke 19 tahun.

Karirnya semakin mentereng hingga menyabet gelar 4 gelar Proliga dan medali perak Sea Games 2017 bersama Timnas Indonesia.

Namun, Manganang kerap memicu kontroversi sepanjang karirnya. Tubuh kekarnya, dan gayanya yang tomboi menjadi perdebatan tim lawan.

Banyak yang tak percaya jika Manganang adalah perempuan. Walaupun saat itu, tudingan tersebut selalu terbantahkan hingga perempuan kelahiran 27 April 1992 itu gantung sepatu.

Manganang melanjutkan karir sebagai abdi negara di TNI Angkatan Darat (AD). Dia masuk sebagai Taruna melalui jalur berprestasi. Dia pun resmi diterima pada 2016. Saat ini dia berpangkat Sersan Dua (Serda) dengan penugasan di Kodam XIII/Merdeka.

Meskipun sudah menjadi TNI, penampilan Manganang masih dipertanyakan. Dalam beberapa kesempatan dia terlihat memiliki badan kekar, bak seorang pria.

Kondisi ini, juga memicu kecurigaan para atasannya. Hingga akhirnya pada Februari 2021, Manganang diperiksa oleh tim dokter di Rumah Sakit Angkatan Darat Wolter Monginsidi, Manado.

Komentar

VIDEO TERKINI