Nelayan Butur Dapat Bantuan Perahu Penangkapan Ikan Senilai Rp 1,5 Miliar

Rabu, 10 Maret 2021 01:54

epala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Butur, Karya Jaya

SULTRA.FAJAR.CO.ID, BURANGA – Kementerian Kelautan dan Perikanan dikabarkan akan memberikan suntikan dana melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) bagi Pemerintah Kabupaten Buton Utara (Butur) sebesar Rp 1,5 miliar. Anggaran itu untuk program pengadaan kapal perahu penangkap ikan bagi sejumlah nelayan yang tersebar di Buton Utara (Butur) .

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Butur, Karya Jaya, menuturkan untuk bantuan pengadaan kapal tersebut berukuran lebih kecil dari 5 GT. Bantuan tersebut beserta mesin, alat penangkap dan sarana pendukung lainnya.

“Alhamdulilah Butur sukses kebagian dana alokasi khusus (DAK) sebesar Rp 1,5 miliar pada tahun ini. Anggaran tersebut diproyeksikan untuk kebutuhan belanja kapal dibawah 5 GT. Proses pengadaan kegiatan tersebut akan dilakukan melalui tender,” ungkap Karya Jaya.

Untuk bantuan tersebut, beber Karya Jaya, akan diperuntukan buat nelayan yang tersebar di semua kecamatan.

Dengan rincian yakni, di Kecamatan Bonegunu mendapatkan enam unit kapal, di Kambowa, Wakorumba Utara dan Kulisusu masing-masing lima unit serta untuk nelayan di Kulisusu Barat dan Kulisusu Utara masing-masing dua unit kapal.

“Pembiayaan proyek pengadaan bantuan kapal yang bersumber dari DAK dalam waktu dekat akan segera dilelang,” bebernya.

Menurutnya pengadaan kapal sangat membantu nelayan dalam meningkatkan hasil tangkap. Bila hasil tangkap meningkat, lanjutnya maka pendapatan nelayan tentunya juga mengalami peningkatan.

Komentar

VIDEO TERKINI