Satgas TMMD Gandeng Dokter Ahli Berikan Penyuluhan Kesehatan

Jumat, 12 Maret 2021 01:47

SULTRA.FAJAR.CO.ID, BUTON – Satgas TMMD kodim 1413/Buton mulai menjalankan program penyuluhan kesehatan tentang jenis penyakit tidak menular “PTM” di terhadap 3 desa sasaran, yakni desa Sangia Arano, Desa mulya Jaya, Desa Harapan Jaya di balai pertemuan Desa Mulya Jaya pada kamis 11 Maret 2021.

Kegiatan yang melibatkan salah satu dokter ahli, dr Munarsi mengatakan Penyakit Tidak Menular (PTM) merupakan penyakit yang tidak bisa ditularkan ke orang lain dan dalam perkembanganya membutuhkan waktu yang panjang.

“Salah satu yang kami paparkan ialah diabetes melitus”, kata Munarsi, diabetes diangkat dalam sosialisasi mengingat penyakit ini terkadang gejalanya lalai diperhatikan oleh masyarakat.

Sementara itu untuk temuan kasus ia mengatakan ada hanya saja ia belum mengetahui secara pasti jumlahnya.Namun pihaknya juga memaksimalkan diri dengan melakukan kegiatan seperti pospindu, pos lansia guna daoat mendeteksi dini penyakit penyakit yang tidak menjadi berat kedepanya.

“Jadi kita ajak selalu rutin kepuskesmas untuk melalukan pemeriksaan, hipertensi, gula kolesterol, asam urat di tiap desa,” Terangnya.

Lebih lanjut dr Munarsi berharap dengan adanya kegiatan penyuluhan yang digiatkan dalam salah satu program Non-Fisik TMMD dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan mulai dengan menjaga pola makan, banyak berolahraga, aktifitas fisik, dan mengurangi mengkonsumsi rokok.

“intinya saya tekankan kepada masyarakat, tetap hidup sehat itu pesan dari saya,” tegas dr Munarsi.

Komentar

VIDEO TERKINI