Basarnas Kendari Gelar Pelatihan Pertolongan Dipermukaan Air Bagi Potensi SAR

  • Bagikan

Sementara itu, Kepala Basarnas Kendari, Aris Sofingi dalam sambutannya menyampaikan, agar kegiatan ini menjadi bagian dari upaya Pencegahan di bidang pencarian dan pertolongan, dengan sasaran para potensi SAR.

Selain itu kegiatan ini juga menjadi langkah awal Basarnas Kendari dalam membangun budaya Search and Rescue (SAR) di masyarakat.

“Kegiatan ini akan diisi oleh observer dan instruktur pelatihan ini berasal dari Basarnas Pusat dan dari Basarnas Kendari. Adapun, beberapa materi yang akan diberikan serta dipraktekan di antaranya sebagai berikut pengantar pertolongan pertama, pemeriksaan fisik pemindahan korban, pendarahan, shock & cedera jaringan lunak, resusitasi jantung paru, cedera alat gerak, kepala leher dada, pedoman keselamatan di air, personal floating device, metode pertolongan diperairan, defend & release dan praktek renang dan water trappen,” Beber Aris Sofingi.

Untuk diketahui, dalam Kegiatan ini dengan tetap memperhatikan standar pencegahan penyebaran Covid -19, di mana seluruh instruktur, panitia dan peserta sudah mendapat rekomendasi dari gugus tugas serta telah melakukan tes swab antigen. (ismar/FNN)

  • Bagikan