Berbagi Pengalaman, Buku Sebagai Sumber Inspirasi

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID — SD Negeri Borong Makassar terus berupaya meningkatkan kegemaran membaca murid-muridnya. Salah satunya, melalui kegiatan berbagi kisah inspiratif tentang buku. Kisah inspiratif ini berangkat dari pengalaman nyata orang-orang yang merasakan manfaat dari kegiatan membaca buku.

“Mengapa saya suka membaca? Itu karena banyak manfaat yang saya rasakan,” begitu pertanyaan pembuka Rusdin Tompo di hadapan beberapa murid yang hadir dalam kegiatan Ceritakan Bukumu, di Perpustakaan Gerbang Ilmu SDN Borong, Selasa, 16 Maret 2021.

Rusdin Tompo, yang dikenal sebagai pemerhati anak itu menceritakan awal mula dirinya suka membaca. Katanya, saat masih duduk di bangku SD hingga SMP, dia belum bisa membeli buku dan bahan-bahan bacaan sendiri. Tapi tak menyurutkan semangatnya membaca. Dia lalu meminjam majalah-majalah tetangganya. Di antaranya, dia meminjam majalah HAI, majalah Bobo, Si Kuncung, dan Intisari.

“Ada yang tahu atau pernah membaca majalah-majalah itu?” tanya lelaki yang juga dikenal sebagai penggiat literasi itu.

Anak-anak ada yang menjawab, pernah membaca majalah Bobo.

Rusdin lalu bertanya, selama di rumah, apa yang mereka lakukan selain belajar daring? Jawaban anak-anak beragam. Amanda Agnesia mengaku dia membaca buku digital melalui smartphone-nya. Muh. Awang Yusuf Derajat, bilang kalau selain belajar online dia juga bermain game dan TikTokan. Kalila Karim menyampaikan kalau dia membaca Alquran dan membaca puisi. Sedangkan Miftahul Jannah menggambar dengan memanfaatkan aplikasi. Ada juga yang menonton TV tentang berita bencana alam.

  • Bagikan