Bupati Sebut Ekonomi Konawe Tetap Kokoh Di Tengah Pandemi Covid-19

Selasa, 23 Maret 2021 01:27

Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa

SULTRA.FAJAR.CO.ID, KONAWE – Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa menunjukan bagaimana kekuatan ekonomi Kabupaten Konawe saat ini jika dibandingkan daerah lain di Sulawesi Tenggara (Sultra).

Berdasarkan rilis Badan Pusat Statistik (BPS) Sultra baru-baru ini, Kabupaten Konawe menduduki peringkat tertinggi pada laju pertumbuhan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB).

Kepemimpinannya bersama Wakil Bupati Konawe Gusli Topan Sabara menunjukkan bahwa pertumbuhan Konawe tetap kokoh di tengah pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia.

Bahkan di 2019, pertumbuhan PDRB Konawe mencapai 11,84 persen. Capaian tersebut membuat Konawe menduduki posisi pertama di Sultra.

Selanjutnya di tahun 2020, Konawe masih tetap perkasa. Bagaimana tidak, laju pertumbuhan PDRB 2020 berada diangka 6,42 persen. Meski merosot, nilai tersebut masih jauh lebih tinggi dibandingkan daerah lainnya yang mendapat nilai nol bahkan minus.

“Karena Covid, trennya memang melambat. Tetapi di Konawe laju PDRB masih positif. Padahal, hampir semua daerah di Sultra grafiknya mendekati nol bahkan ada yang negatif,” ungkap Kery.

Bupati dua periode ini menerangkan strategi membangun yang diterapkan di Konawe adalah berdasarkan prinsip dasar pembangunan yang merujuk pada Undang-undang (UU) Otonomi Daerah.

Dimana, UU tersebut memiliki tiga semangat, yakni bagaimana meningkatkan pelayanan publik, daya saing daerah serta kemandirian daerah.

“Makanya walaupun sudah dihantam Covid-19, daerah kita masih kuat. Masyarakat kita masih mampu dari segi daya beli. Sektor manufaktur kita juga masih mampu berproduksi. Itu bedanya kita di Konawe dengan daerah lain di Sultra,” kata orang nomor satu di Konawe ini.

Komentar

VIDEO TERKINI