Apes, Tak Satupun Siswa SMAN 4 Kendari Lolos SNMPTN

  • Bagikan

SULTRA.FAJAR.CO.ID, KENDARI – Salah satu sekolah terfavorit di Kota Kendari, SMA Negeri 4 Kendari bernasib apes tahun ini. Seluruh siswanya tidak ada satu pun yang lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021.

Hal itu berdasarkan pengumuman resmi secara nasional tanggal 22 Maret. Ini tentu kabar mengejutkan. Kepala SMAN 4 Kendari, Liyu, mengatakan siswanya memang tak satupun yang lulus jalur SNMPTN. Hal ini akibat karena adanya kesalahan saat penginputan data pendaftaran.

Atas hal itu, tak satupun siswa yang terdaftar sebagai peserta SNMPTN tahun 2021, sehingga secara otomatis tidak ada yang dinyatakan lulus.

“Sebenarnya sangat kecewa, dimana telah terjadi kesalahan pada awal pendaftaran, yang menyebabkan seluruh siswa kami tidak bisa ikut serta dalam SNMPTN. Harus diakui, kami mengalami sejumlah rentetan masalah pada awal registrasi siswa untuk bisa ikut seleksi bebas tes tersebut,” ungkap Liyu, Senin (22/3).

Lanjut dia, pihaknya juga sudah melakukan berbagai upaya agar para siswa bisa ikut SNMPTN, semisal melakukan pengusulan di tim pusat, mencarikan solusi agar siswa bisa ikut SNMPTN. Namun, kondisinya memang tidak memungkinkan.

“Ini pertama kali di SMAN 4, dimana tak satupun siswanya yang lolos SNMPTN,” ujarnya.

Saat ini, pihak SMAN 4 Kendari melakukan berbagai upaya agar seluruh siswa bisa ikut di Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dengan melakukan pendaftaran secara online di akun resmi LTMPT.

“Sekarang kami hanya fokus agar seluruh siswa bisa terdaftar di jalur SBMPTN. Alhamdulilah sekarang seluruh siswa kami sudah daftarkan. Kami juga sedang membangun komunikasi dengan berbagai perguruan tinggi, baik di Sultra maupun di Pulau Jawa untuk melakukan konsultasi, agar para siswa kami itu bisa ikut di jalur SBMPTN tanpa adanya masalah administrasi,” harap Liyu.

  • Bagikan