Rayakan HUT Ke-3, Bonsai Kelapa Indonesia Sultra Gelar Pameran dan Pelatihan

Sabtu, 3 April 2021 11:58

FOTO: ISTIMEWA

SULTRA.FAJAR.CO.ID, KENDARI — Koordinator Wilayah (Korwil) Bonsai Kelapa Indonesia (BKI) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mengadakan pameran dan pelatihan Bonsai Kelapa dalam rangka memperingati HUT ke-3 Bonsai Kelapa Sultra yang dilaksanakan di depan Rumah Sakit Korem 143/HO Kendari selama dua hari mulai Sabtu hingga Minggu, 3-4 April 2021.

” Bonsai Kelapa Sultra didirikan pada 4/4/2018 silam, dan sebelum pameran ini diadakan, kami telah melakukan pelatihan selama sebulan dengan jumlah peserta sebanyak 44 orang. Dan Para peserta dilatih mengelola limbah kelapa tua yang masih utuh, sampai limbah kelapa itu bisa dijadikan bonsai dengan bermacam model yang menarik,” ungkap Ketua Korwil Bonsai Kelapa Indonesia Sultra Edy Siswanto saat di wawancarai oleh sultra.fajar.co.id disela-sela pameran, Sabtu malam, (3/4/2021).

sambungnya, untuk Sultra saat ini anggota Bonsai Kelapa Indonesia Sultra sudah ada 100 lebih yang sudah terdaftar yang tersebar ada di empat Kabupaten/Kota yakni Kolaka, Konawe Selatan, Muna, dan Kendari.

“Dalam pameran ini, berbagai macam Kelapa Bonsai kami pamerkan mulai Kelapa Bonsai gading oranye, gading bulan, kelapa bawang, dan kelapa sayur yang bahannya dari limbah kelapa dan kemudian diolah menjadi bonsai Kelapa. Dan nilai ekonomis dari kerajinan Bonsai Kelapa dengan harga 500 ribu hingga jutaan rupiah,” bebernya lagi.

Kata Edy, tujuan kegiatan ini agar masyarakat Sultra dapat terinspirasi untuk memanfaatkan limbah kelapa yang ada, sehingga limbah tersebut dari tidak berguna dapat menjadi bermanfaat dan punya nilai ekonomi

Komentar

VIDEO TERKINI