Bencana di NTT dan NTB, Ini Pernyataan Jokowi

  • Bagikan

SULTRA.FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan duka cita atas korban meninggal dunia pada bencana banjir bandang dan longsor yang terjadi di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Nusa Tenggara Barat (NTB)

Menurutnya, ia telah mendapatkan laporan terkait bencana banjir bandang dan longsor dari Kepala BNPB Doni Monardo.

“Saya telah mendapatkan laporan dari Kepala BNPB adanya bencana banjir bandang dan longsor yang terjadi di Provinsi Nusa Tenggara Timur dan Provinsi Nusa Tenggara Barat,”bebernya, Senin, (5/4/2021).

“Atas nama pribadi dan seluruh rakyat Indonesia, saya menyampaikan duka cita yang mendalam atas korban meninggal dunia dalam musibah tersebut. Saya juga memahami kesedihan yang dialami saudara-saudara kita akibat dampak yang ditimbulkan bencana ini,” beber Jokowi.

Jokowi pun memerintahkan Kepala BNPB, Kepala Basarnas, Menteri Sosial, Menteri Kesehatan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Panglima TNI, dan Kapolri untuk melakukan secara cepat evakuasi dan penanganan korban bencana, serta penanganan dampak bencana.

“Saya minta agar penanganan dampak bencana dapat diselesaikan dengan cepat dan baik, seperti bantuan pelayanan kesehatan, ketersediaan logistik dan kebutuhan dasar bagi pengungsi, serta perbaikan infratruktur,” tegasnya.

Jokowi juga mengimbau masyarakat untuk mengikuti arahan petugas di lapangan dan selalu meningkatkan kewaspasdaan dari bencana banjir dan longsor karena meningkatnya curah hujan ekstrim. Perhatikan selalu peringatan dini dari BMKG dan aparat daerah. (*/eds/fajar)

  • Bagikan