Jaga Ketersediaan Uang Selama Ramadan, BI Sultra Siapkan Rp1,6 Triliun

Senin, 12 April 2021 00:42

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Tenggara, Bimo Epyanto

SULTRA.FAJAR.CO.ID, KENDARI – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Tenggara menyebutkan bahwa saat bulan Suci Ramadhan 1442 H/2021, ketersediaan uang tunai di mesin-mesin ATM tetap aman dan terisi.

Kepala BI Sultra, Bimo Epyanto mengungkapkan, BI memastikan bahwa stok uang di mesin ATM tidak kosong dan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat.Pihaknya mengimbau perbankan untuk memastikan ketersediaan uang yang ada di mesin-mesin ATM selama ramadan dan idulfitri.

Dia menjelaskan, BI menyiapkan kebutuhan uang kartal pada momen Ramadan tahun ini sebesar Rp1,6 triliun. Nilai tersebut mencapai 171,7 persen dari proyeksi kebutuhan uang untuk periode Ramadan dan Idulfitri.

“Kami meminta perbankan untuk dapat melayani kebutuhan uang kartal masyarakat lebih awal dan membuka layanan penukaran melalui loket perbankan,” ujarnya saat ditemui di Kendari, Sabtu (10/4/2021).

Dia menuturkan, untuk pemenuhan kebutuhan uang kartal didaerah akan didistribusi melalui kas keliling untuk perbankan diluar Kota Kendari.

Pihaknya juga bekerja sama dengan perbankan baik umum maupun Bank Perkreditan Rakyat (BPR) agar lebih aktif dalam melayani penukaran uang kecil. Tidak hanya kepada nasabahnya tetapi juga kepada masyarakat luar pada umumnya.

Dia mengatakan, BI berkomitmen untuk tetap menyediakan uang kartal dalam jumlah yang cukup, baik pecahan Rp 5 ribu, Rp 10 ribu, Rp 20 ribu dan Rp 100 ribu akan disiapkan dalam kondisi yang layak.

Komentar

VIDEO TERKINI